13 Perbedaan arteri dan vena

Perbedaan Utama: Ada beberapa jenis pembuluh darah yang membentuk sistem transportasi dalam tubuh makhluk hidup. Pembuluh darah vena, arteri, kapiler adalah pembuluh darah untuk mengangkut darah, dan pertukaran bahan lain juga terjadi melalui ini. Pembuluh darah ini ditujukan untuk mengangkut darah spesifik di dalam tubuh, artinya, mereka dapat dibedakan atas dasar darah yang diangkutnya, entah itu darah beroksigen atau darah terdeoksigenasi.

Aliran darah arteri dan vena berputar di sekitar jantung; mereka dapat dibedakan karena arteri adalah pembuluh darah dalam sistem sirkulasi darah yang mengangkut darah beroksigen dari jantung ke berbagai bagian tubuh. Di sisi lain, vena adalah pembuluh darah dalam sistem sirkulasi darah yang mengangkut darah terdeoksigenasi dari berbagai bagian tubuh ke jantung.

Pengertian Arteri?

Arteri adalah kapiler darah elastis yang bertanggung jawab untuk mengangkut darah dari jantung ke berbagai bagian tubuh. Arteri terutama terdiri dari dua jenis, arteri pulmonal, dan arteri sistemik. Arteri sistematik membawa darah beroksigen karena mengangkut darah dari arteri ke bagian sisi, sedangkan arteri pulmonalis adalah arteri yang membawa darah terdeoksigenasi saat mereka melanjutkan ke paru-paru untuk pemurnian.

Dinding arteri terdiri dari tiga lapisan. Oleh karena itu lebih tebal dari vena. Dengan ketebalan dan elastisitas Ekstra di dinding, arteri dirancang supaya dapat menangani aliran darah dengan tekanan tinggi. Arteri, yang biasanya membawa darah beroksigen dari jantung, selanjtnya arteri pulmonalis, semakin membelah menjadi pembuluh yang lebih kecil dan lebih kecil yang disebut arteriol. Tunica Interna, tunika media, dan tunika eksternia adalah tiga lapisan yang membentuk dinding arteri. Dari semua itu, media tunika adalah lapisan paling tipis.

Perbedaan arteri dan vena

Perbedaan arteri dan vena

Pengertian Vena?

Vena adalah kapiler darah yang bertanggung jawab untuk transportasi darah terdeoksigenasi dari berbagai bagian tubuh ke jantung. Darah terdeoksigenasi dari sisi tubuh dibawa ke jantung untuk dimurnikan. Terutama ada empat jenis vena; vena superfisial, vena profunda, vena sistematis, dan vena pulmonal. Semua dari tiga jenis arteri mengangkut darah terdeoksigenasi kecuali vena pulmonal, yang membawa darah beroksigen.

Vena memiliki dinding tipis dibandingkan dengan arteri, dan mereka terletak lebih dekat ke kulit. Katup semilunaris mereka di vena mencegah darah mengalir ke arah yang berlawanan. Dengan mata biasa kita tidak dapat menemukan arteri di tubuh karena mereka berada berada lebih dalam di kulit, tetapi kita dapat menemukan vena, yang hadir lebih dekat dengan kulit.

Tabel perbandingan arteri dan vena

Arteri Vena
Fungsi Mengangkut darah beroksigen dari jantung ke berbagai bagian tubuh. Mengangkut darah terdeoksigenasi dari berbagai bagian tubuh ke jantung.
Jenis Arteri pulmonalis dan arteri sistemik. Vena superfisial, vena dalam, vena sistemik, dan vena pulmonal.
Ketebalan Tebal Tipis
Letak Di dalam kulit Dekat kulit
Denyut Terasa Tidak Terasa
Katup Pangkal Sepanjang pembuluh darah
Laju Aliran Kuat / deras lambat
Jika disayat Memancar deras Hanya menetes
Ukuran Diameter Lebih kecil dari vena Lebih besar dari arteri
Tampilan Merah terang Merah gelap
Kecepatan Pembekuan Lambat dari vena Cepat dari arteri
Tekanan besar Lebih kecil
Katup Pangkal Sepanjang pembuluh darah

Perbedaan Arteri dan Vena

  1. Arteri adalah pembuluh darah dalam sistem sirkulasi darah yang mengangkut darah beroksigen dari jantung ke berbagai bagian tubuh, di sisi lain, vena adalah pembuluh darah dalam sistem peredaran darah yang mengangkut darah terdeoksigenasi dari berbagai bagian tubuh ke jantung.
  2. Arteri memiliki dinding yang lebih tebal daripada vena.
  3. Dengan mata biasa kita tidak dapat menemukan arteri di tubuh karena mereka berada lebih dalam di kulit, tetapi kita dapat menemukanvena, yang hadir lebih dekat ke kulit.
  4. Vena adalah pembuluh kapasitansi, sedangkan arteri adalah pembuluh resistansi.