4 Perbedaan bangsa dan negara

Perbedaan Utama: Bangsa adalah istilah budaya dan politik, sedangkan istilah negara lebih dari geografis dan  politik. Kedua kata ini sering digunakan secara bergantian karena kata-kata tersebut merupakan sinonim dari satu dan lainnya. Pengamatan yang mendekati kedua kata ini menunjukkan bahwa kata-kata itu sangat berbeda, terutama mengenai penggunaannya.

Negara mengacu pada wilayah tertentu, daerah atau wilayah yang dikendalikan oleh pemerintahnya. Bebeda dengan ini, bangsa mengacu pada kelompok besar orang-orang, yang disatukan oleh budaya, keturunan umum, dan sejarah. Dalam beberapa kasus, bangsa juga menunjukkan kelompok besar yang disatukan oleh budaya dengan tinggal di daerah tertentu.

Apa itu Negara?

Negara adalah istilah politik dan geografis yang menceritakan tentang wilayah dan daerah tertentu. Ini juga dilengkapi dengan konsep kontrol pemerintah di daerahnya. Setiap kali kita menemukan kata negara, afiliasi dari orang-orang yang tinggal di wilayah atau daerah tertentu adalah oleh pemerintah yang sama. Negara dalam istilah itu tidak ada hubungannya dengan konsep budaya dan kebangsaan yang serupa; ini tentang orang-orang yang tinggal di daerah tertentu di bawah payung pemerintah yang sama.

Negara ini memiliki lebih banyak penduduknya dari negara yang sama, tetapi tidak wajib bagi negara untuk menjadi tempat tinggal bagi satu bangsa. Ada puluhan negara yang merupakan rumah bagi beberapa bangsa. Amerika Serikat adalah salah satu contoh paling menonjol dari negara-negara yang memiliki banyak bangsa di dalamnya. Konsep negara lebih konkret karena terstruktur dengan baik dan dapat dengan mudah dilihat bahkan di peta, di mana negara-negara dibagi dari satu dan yang lain menggunakan batas-batas. Konsep negara yang harus selalu kita ingat adalah ini merupakan tentang wilayah atau pemerintah yang mengendalikannya; itu tidak ada hubungannya dengan orang-orang dari budaya yang sama atau berbeda yang tinggal di sana.

Perbedaan bangsa dan negara

Perbedaan bangsa dan negara

Apa yang dimaksud Bangsa?

Bangsa adalah istilah budaya serta politik yang mengacu pada kelompok besar, yang bersatu karena memiliki kesamaan budaya, sejarah, bahasa dan keturunan. Kelompok besar ini mungkin atau mungkin tidak di daerah tertentu, namun mereka adalah sebuah bangsa secara keseluruhan atas dasar yang disebutkan di atas. Salah satu kesalahpahaman yang terjadi dengan menganggap orang-orang yang tinggal di daerah tertentu membentuk bangsa, tetapi definisi ini menjadi usang di dunia yang berubah dengan cepat.

Tabel perbandingan bangsa dan negara

Negara Bangsa
Definisi Suatu negara dengan pemerintahannya sendiri, menempati wilayah tertentu. Sekelompok besar orang yang disatukan oleh keturunan umum, sejarah, budaya, atau bahasa, yang menghuni negara atau wilayah tertentu.
Mengacu pada Daerah tertentu Kelompok orang tertentu
Bidang Politik dan geografi Politik
Konsep Secara lami nyata Secara alami abstrak

Beberapa komunitas yang lebih besar di dasar etnis mengklaim diri mereka sebagai bangsa tetapi tidak diakui oleh negara tetangga mereka. Misalnya, orang Kurdi mengaku menyatukan bangsa yang dikenal sebagai ‘bangsa Kurdistan’, tetapi mereka tidak diakui oleh negara-negara Barat atau bahkan dari tetangga terdekat mereka. Kata ‘kebangsaan’ menambah kebingungan karena menunjukkan hubungan antara orang dan negara atau bangsa. Dengan kata lain, kita dapat mengatakan bahwa kebangsaan adalah dokumen hukum yang memberikan seseorang hak untuk menikmati di negara tertentu terlepas dari budaya, bahasa atau sejarah (bangsa). Seringkali digunakan sebagai sinonim untuk kata negara atau bangsa ketika ini terjadi demikian; kemungkinan besar merujuk ke wilayah atau daerah tertentu. Konsep bangsa adalah abstrak di alam karena terletak di antara orang-orang dan daerah. Oleh karena itu, diakui sebagai istilah politik dan geografis.

Negara vs. Bangsa

  1. Bangsa adalah kelompok besar orang-orang yang memiliki sejarah, bahasa, dan budaya yang sama dan terdapat di negara tertentu. Berbeda dengan bangsa, suatu negara adalah daerah atau wilayah yang dikendalikan oleh pemerintahnya.
  2. Negara mengacu pada wilayah tertentu, sedangkan bangsa mengacu pada sekelompok orang tertentu.
  3. Istilah ‘bangsa’ lebih banyak digunakan dalam bidang politik. Di sisi lain, istilah negara lebih eksklusif untuk bidang politik dan geografis.
  4. Negara adalah konsep konkrit yang bahkan dapat dilambangkan menggunakan garis-garis pada peta, sedangkan bangsa adalah konsep abstrak.