7 Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Alami dan Ampuh

Mungkin kita semua pernah mengalami masuk angin. Selain mengganggu aktifitas kita sehari-hari, tertimpa masuk angin bisa menyebabkan kita mengalami sakit lainnya yang berkelanjutan bila tidak segera ditangani atau diobati.

Banyak sekali faktor yang menyebabkan kita bisa tertimpa masuk angin, diantaranya adalah udara dingin, lembur kerja kantor, pulang kerja kehujanan, begadang, kurang tidur, kurang istirahat, ditambah tidak menjaga asupan makanan.

Gejala masuk angin

Gejala masuk angin dapat diketahui melalui adanya perubahan pada tubuh seperti badan kurang enak, kedinginan, meriang,kepala sakit, otot terasa nyeri, kehilangan nafsu makan, dan merasa lelah.

masuk angin

Selain itu, ciri-ciri masuk angin lainnya juga ditunjukkan dengan gejala seperti demam, perut kembung, sering bersendawa, sakit perut, sering buang angin berbau, diare, dan bahkan pegal-pegal. Dibawah ini ada beberapa cara untuk mengobati masuk angin secara alami.

 

Mengobati Masuk Angin Secara Alami Dengan Kayu Putih

Rasanya kita semua tahu dan mengenal kayu putih. Kayu putih ini sangat bermanfaat untuk menjaga ksehatan tubuh dikarenakan efek atau khasiatnya yang banyak. Bila kita mengalami masuk angin, dapat diobati dengan minyak ini. Caranya adalah dengan mengoleskannya ke bagian-bagian tubuh yang terasa tidak enak. Misalnya kening, leher, tengkuk, punggung, dan yang lainnya.

Mengobati Masuk Angin Secara Alami Dengan Jahe

Jahe merupakan rempah tradisional yang dapat membantu menghangatkan tubuh, mengatasi kembung, dan melancarkan sirkulasi darah. Cara mengatasi masuk angin dengan jahe sangatlah mudah. Pertama-tama parut dulu jahe secukupnya, kemudian rebus sampai mendidih dan saring, kemudian diminum. Saat ini kita tidak perlu repot-repot untuk membuatnya, karena banyak sekali minuman jahe yang dijual di warung (dalam bentuk sachet).

Mengobati Masuk Angin Secara Alami Dengan Rebusan Daun Pepaya

Kandungan antioksidan dan antibiotik tinggi yang terdapat dalam daun pepaya, sangat efektif untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Caranya adalah terlebih dahulu menyiapkan 4-5 lembar daun pepaya dan 1 liter air. Lalu rebus daun pepaya tadi dengan satu liter air sampai tersisa setengahnya. Kemudian saring dan ambil air rebusannya saja, kemudian minumlah selagi masih hangat.

Mengobati Masuk Angin Secara Alami Dengan Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih selain nikmat sebagai bumbu masakan, juga mengandung manfaat untuk mengobati masuk angin. Caranya adalah dengan menghaluskan bawang merah, lalu oleskan merata ke bagian perut, dada, dan leher. Bawang merah mampu mengeluarkan angin berlebihan dalam tubuh, melancarkan peredaran darah, dan menghangatkan badan.

Sedangkan untuk bawang putih yang mengandung senyawa alicin lebih tinggi yang bertindak layaknya antibiotik dan antioksidan alami. Caranya adalah dengan memakan langsung (mentah) atau memasukannya dalam masakan.

Mengobati Masuk Angin Secara Alami Dengan Madu dan Teh Lemon

Madu dan teh lemon selain memiliki rasa yang nikmat bila diminum, juga memiliki banyak khasiat. Madu memiliki kandungan nutrisi lengkap yang bisa meningkatkan sistem imun atau kekebalan dan regerenasi sel tubuh.

Sedangkan lemon terkenal dengan kandungan vitamin C yang bisa membantu meningkatkan stamina tubuh, sirkulasi darah. Cara mengobati masuk angin ialah dengan meamasukan madu dan perasan lemon kedalam teh hangat, lalu konsumsilah sebelum tidur.

Mengobati Masuk Angin Secara Alami Dengan Berkumur Memakai Garam dan Baking Soda

Caranya adalah dengan pertama-tama menyediakan garam, baking soda, dan air hangat seperlunya. Setelah itu campurkan semua bahan tadi, usahakan jangan terlalu encer. Kemudian gunakan untuk berkumur dengan kepala menghadap ke atas.

Cara mengobati masuk angin dengan ubi merah:

  1. Kupas dan cuci bersih satu ubi merah.
  2. Rebus bersama dengan bahan lain seperti jahe merah, 8 butir kapulaga, 8 butir merica, gula merah, 4 butir cengkeh, dan bubuk kayu manis seperlunya.
  3. Setelah mendidih, saring dan ambil air rebusannya saja.
  4. Konsumsilah air rebusan tadi selangi masih hangat.
Loading...