Air Tanah Yang Bebas Pencemaran Dan Baik Untuk Tubuh

Tubuh manusia tersusun dari kurang lebih 70% air. Sehingga air merupakan salah satu kebutuhan utama bagi manusia. Hampir setiap hari dan setiap saat manusia selalu membutuhkan air dalam kehidupannya.

Untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya saja, sehari manusia membutuhkan kurang lebih 8 liter air untuk minum. Selain untuk minum manusia membutuhkan air untuk memasak, mandi, mencuci baju, mencuci piring dan masih banyak kegunaan air bagi kehidupan manusia.

Ketersediaan air dalam tanah semakin hari semakin menipis karena jumlah manusia yang semakin banyak tanpa diiringi reboisasi untuk mengembalikan jumlah resapan air tanah seperti yag kita ketahui pohon dapat digunakan sebagai penyimpan air dalam tanah. Tetapi saat ini jumlah pohon semakin berkurang karena banyaknya aksi pembakaran hutan untuk pembuatan area perkebunan, perumahan atau persawahan.

Pengertian Air Tanah

Ada berbagai macam pengertian air tanah. Salah satunya air tanah adalah air yang menempati rongga rongga dalam lapisan geologi. Air tanah atau air bawah permukaan adalah  batasan yang digunakan untuk menggambarkan semua air yang ditemukan dibawah permukaan tanah.

Dari beberapa pengertian, menurut wikipedia air tanah sendiri merupakan air yang terdapat dalam lapisan tanah atau bebatuan di bawah permukaan tanah. Selain air tanah ada sumber air lainnya yaitu air sungai dan air hujan.

Air tanah merupakan salah satu sumber air untuk kehidupan. Di daerah tertentu air tanah menjadi sumber mata air utama. Ada berbagai alasan mengapa air tanah menjadi salah satu sumber air utama, salah satunya air tanah lebih bersih dan lebih banyak mengandung mineral karena air tanah berada di lapisan tanah yang mengandung banyak mineral.

Air yang mengandung mineral sangat baik bagi kesehatan karena tubuh kita juga membutuhkan beberapa mineral dan mineral tersebut tidak bisa di produksi sendiri oleh tubuh. Beberapa mineral penting yang harus dikonsumsi oleh tubuh adalah fluorida, natrium, kalsium, magnesium, silika dan zinc. Mineral ini memang dibutuhkan dalam jumlah yang kecil oleh tubuh, tetapi manfaat dari ketujuh mineral yang terdapat dalam air tanah sangatlah penting bagi tubuh.

Loading...

Artikel terkait lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *