Apa Perbedaan antara unsur dan senyawa

Perbedaan utama: Dua istilah yang sering digunakan dalam kimia adalah senyawa dan campuran, keduanya serupa namun berbeda satu sama lain, dan perbedaannya akan dinyatakan dalam garis-garis berikut secara mendetail untuk memahaminya dengan cara yang lebih baik. Ada banyak definisi dari dua istilah ini yang dapat membingungkan tetapi untuk menjelaskannya dengan kata sederhana, senyawa adalah zat yang tidak memiliki komposisi variabel sementara campuran terdiri dari bentuk-bentuk variabel.

Contoh terbaik dari suatu senyawa dapat berupa air yang tersusun dari molekul hidrogen dan oksigen, struktur air seluruhnya mirip dan semua partikel digabungkan dengan cara yang tepat. Di sisi lain, contoh terbaik dari campuran tersebut adalah parfum yang terdiri dari zat-zat berbeda yang ditambahkan bersama. Tidak ada struktur yang baik, dua bahan yang berbeda dapat dicampur dalam proporsi apa pun, dan mereka tidak harus sama.

Contoh lain adalah lautan yang memiliki konsentrasi berbeda di berbagai tempat dan tidak selalu terdistribusi merata. Ada cara lain untuk menjelaskan perbedaan antara kedua istilah tersebut. Senyawa, misalnya, dapat disebut sebagai zat yang terdiri dari dua atau lebih unsur yang telah ditambahkan dengan bantuan metode kimia sementara campuran dapat disebut unsur yang telah dibuat oleh dua atau lebih unsur yang telah ditambahkan bersama secara fisik.

Untuk senyawa, mereka dapat memiliki sifat mereka sendiri, tetapi ketika mereka dicampur bersama, semuanya mulai menunjukkan jumlah yang sama dengan masing-masing dari mereka memiliki proporsi yang berbeda tetapi tetap. Di sisi lain, untuk campuran ketika dua zat ditambahkan bersama-sama mereka tidak membentuk zat baru, pada kenyataannya, beberapa jenis bahan dapat diperoleh darinya. Perbedaan lain di antara mereka adalah campuran memiliki unsur yang telah ditambahkan bersama-sama dapat dipisahkan lagi dengan bantuan metode fisik apa pun. Sedangkan unsur-unsur senyawa juga dapat dipisahkan tetapi dengan dukungan reaksi kimia. Penjelasan singkat tentang kedua istilah ini diberikan di bawah ini.

Perbedaan unsur dan senyawa
Perbedaan unsur dan senyawa

Definisi Senyawa

Dengan kata sederhana, senyawa dapat didefinisikan sebagai dua atau lebih unsur yang digabungkan bersama. Untuk definisi yang lebih teknis, senyawa dapat berupa sesuatu yang merupakan kombinasi dari dua atau lebih usnur yang secara kimia dikombinasikan satu sama lain. Komponen-komponen senyawa bereaksi secara kimia dengan ikatan yang terbentuk antara masing-masing. Senyawa lainnya selalu merupakan zat murni yang memiliki sifat berbeda. Mereka ditambahkan dalam jumlah tetap, dan sifatnya sama pada semua titik di dalam diri mereka. Setelah mereka bergabung bersama, unsur asli tidak memiliki sifat mereka lagi dan menampilkan fitur baru.

Misalnya, dalam air, hidrogen dan oksigen, yang memiliki sifat yang berbeda bergabung bersama dan menghasilkan sifat baru yang tidak seperti oksigen atau seperti hidrogen. Jika ada kebutuhan untuk reaksi reversibel, hanya mungkin dengan cara kimia, ini tidak dapat dipisahkan dengan reaksi fisik apa pun. Contoh lain yang penting dalam hal ini adalah garam yang terdiri dari unsur-unsur yang berbeda seperti natrium klorida, kalsium silikat, dan kalium iodida. Mereka berbeda tetapi bergabung bersama untuk membentuk garam, jika reaksi kimia dilakukan pada garam, semua konstituen ini dapat diperoleh lagi.

Definisi Campuran

Campuran adalah hal yang paling mudah ditemukan, mereka ada dimana-mana. Mulai dari membuat minuman hingga menambahkan warna yang berbeda. Campuran dapat didefinisikan sebagai kombinasi dari dua atau lebih unsur yang bergabung bersama untuk membentuk zat lain dengan bantuan reaksi fisik. Karena itu adalah reaksi fisik, sifat-sifat campurannya mirip dengan unsur-unsur yang ditambahkan. Untuk mendapatkan fitur-fitur ini kembali, seseorang harus melakukan proses fisik.

Zat harus dalam proporsi yang tepat untuk mendapatkan bagian yang dibutuhkan. Tidak ada bahan baru yang dapat dibentuk dalam suatu campuran, yang semula ditambahkan yang mempertahankan sifat-sifatnya dan hadir dalam rasio yang berbeda. Inilah yang membedakan mereka dari senyawa, mereka adalah proses acak tanpa metode tetap yang digunakan, dari dua unsur dengan mencampurnya secara berbeda, zat terpisah dapat diperoleh. Oleh karena itu, definisi sederhana dari campuran tersebut adalah pembentukan material dengan menambahkan dua unsur lain yang berbeda satu sama lain.

Senyawa Campuran
Kemurnian Zat yang murni dalam segala hal zat yang selalu tidak murni.
Kombinasi Dua atau lebih zat yang dicampur bersama dengan bantuan reaksi kimia Dua atau lebih zat yang dicampur bersama dengan dukungan proses fisik.
Sifat Tergantung pada dua unsur Bervariasi dan bergantung pada beberapa item
Hubungan Mungkin atau mungkin tidak berbeda dengan unsurnya Sifat-sifat campuran selalu sama dengan unsur-unsurnya.

Perbedaan Singkatnya

  1. Senyawa adalah zat yang murni dalam segala hal. Campuran adalah zat yang selalu tidak murni.
  2. Senyawa adalah dua atau lebih zat yang dicampur bersama dengan bantuan reaksi kimia sementara campuran adalah dua atau lebih zat yang dicampur bersama dengan dukungan proses fisik.
  3. Senyawa selalu memiliki rasio tetap; campuran tidak pernah memiliki perbandingan tetap.
  4. Senyawa memiliki sifat yang bergantung pada dua unsuer. Campuran memiliki properti yang bervariasi dan bergantung pada beberapa item.
  5. Komponen senyawa dapat dipisahkan hanya dengan reaksi kimia; Unsur-unsur campuran hanya dapat dipisahkan dengan tindakan fisik.
  6. Sifat-sifat suatu senyawa mungkin atau mungkin tidak berbeda dengan unsur-unsurnya; Sifat-sifat campuran selalu sama dengan unsur-unsurnya.
Loading...

Artikel terkait lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *