Bagaimana Cara Kerja Alarm Rumah Nirkabel?

Alarm rumah nirkabel bekerja mirip dengan perangkat nirkabel lainnya, karena mengirimkan sinyal nirkabel dari lokasi yang jauh kembali ke panel kontrol pusat. Alarm rumah nirkabel menjadi lebih banyak digunakan karena telah meningkat pesat sejak debutnya di pasar. Pada hari-hari awal keamanan rumah nirkabel , alarm palsu adalah masalah umum dengan sistem. Saat ini, sistem nirkabel sebanding dengan sistem kabel.

Beberapa alarm rumah nirkabel mengirim pesan teks ketika seseorang mencoba mengakses rumah.

Alarm rumah nirkabel terdiri dari beberapa komponen berbeda. Sensor ditempatkan di berbagai lokasi di sekitar rumah, komputer pusat yang dikenal sebagai panel kontrol dipasang di area terpencil, dan satu atau lebih keypad ditempatkan di pintu masuk. Ketiga komponen tersebut diperlukan agar alarm rumah nirkabel berfungsi dengan baik.

Alarm rumah nirkabel terdiri dari beberapa komponen berbeda, seperti keypad.

Sensor untuk sistem nirkabel berlokasi strategis di sekitar rumah, di jendela, pintu, dan area lain yang memungkinkan akses ke rumah. Sensor ini tidak mengganggu, sampai ada sesuatu yang mengganggu sinyal yang diberikan oleh sensor. Saat sensor mendeteksi gerakan atau aktivitas, sensor mengirimkan pesan, secara nirkabel, kembali ke panel kontrol pusat.

Setelah panel kontrol menerima pesan, panel kontrol segera melakukan panggilan telepon otomatis ke lembaga penegak hukum setempat atau memanggil sistem pemantauan berbasis langganan. Kadang-kadang, panel kontrol juga akan membunyikan alarm yang dapat didengar, tetapi sebagian besar pemilik rumah memilih untuk tidak menggunakan opsi ini, karena akan lebih sulit untuk menangkap penyusup di dalam rumah. Alarm diam memungkinkan responden untuk mencapai rumah sebelum penyusup menyadari bahwa mereka telah menimbulkan kecurigaan.

Setelah panel kontrol mengirim panggilan telepon, salah satu dari dua opsi dapat terjadi. Dalam beberapa kasus, responden pertama langsung menuju ke alamat asal panggilan, dan dalam kasus lain, petugas operator yang menerima panggilan akan mencoba memverifikasi bahwa panggilan tersebut bukan alarm palsu dengan melakukan panggilan telepon ke tempat tinggal. Masuk akal untuk bertanya kepada penegak hukum setempat tentang kebijakan mereka dalam menanggapi panggilan ini, karena beberapa memerlukan prosedur pendaftaran khusus.

Alarm rumah nirkabel dapat melakukan hal-hal selain mencegah pencuri. Salah satu fitur yang tersedia di banyak alarm rumah nirkabel adalah kemampuan untuk menerima halaman atau pesan teks ketika seseorang mengakses rumah. Ini adalah manfaat berharga bagi banyak orang tua yang memiliki anak yang pulang ke rumah kosong setiap hari. Dengan menggunakan fitur ini, mereka dapat dengan mudah mengetahui kapan anak mereka sampai di rumah, dan memastikan bahwa mereka tinggal di sana.

Tujuan utama dari alarm rumah nirkabel adalah untuk mencegah pencuri.