Bagian-bagian telur dan fungsinya

Dais Suryani~ /Biologi
bagian telur dan fungsinya

Ovipar merupakan sebutan untuk hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Telur sendiri memiliki banyak struktur mulai ari cangkang telur hingga bagian terdalamnya yang berisi embrio. Fungsi lapisan yang terdapat pada telur ini adalah melindungi embrio agar bisa menetas di saat yang tepat.

Struktur Pada Telur

Struktur telur yang pertama adalah cangkang telur yang merupakan lapisan terluar dari telur. Bagian cangkang telur ini terbuat dari zat kapur dimana udara dapar masuk dan keluar karena permukaannya yang berpori.

bagian telur dan fungsinya
bagian telur dan fungsinya

Semakin ke dalam setelah cangkang telur ada albumen atau putih telur. Seperti yang bisa anda lihat pada telur ayam, bagian albumen ini berupa cairan yang berwarna putih dan kental. Fungsi dari putih telur ini adalah untuk melindungi embrio yang ada di dalam telur bila ada guncangan yang membahayakan.

Selain itu putih telur juga berfungsi sebagai cadangan makanan bagi embrio. Bagian berikutnya adalah kuning telur yang terdapat di bagian tengah telur dimana embrio berada. Di dalam kuning telur ini terdapat kalaza yang memiliki fungsi agar posisi kuning telurnya tidak berpindah.

Jika telur telah dierami, maka embrio mulai tumbuh dan mulai terbentuk amnion yang merupakan cairan ketuban yang bearda dalam sebuah kantong khusus. Sedangkan sealin amnion ada juga yang namanya Alantois yang meruapakan tempat penyimpanan untuk hasil ekskresi.

Alantois ini dapat mengangkut O2 dan CO2 masing-masing ke dalam dan keluar embrio. Amnion ini merupakan salah satu bagian yang memiliki peran penting dalam perkembangan embrio hingga nanti menetas.

Loading...

Selain amnion, ada juga tali pusat di bagian embrio yang berfungsi untuk menghubungkan alantois dengan kuning telur. Jadi itulah beberapa bagian telur mulai bagian yang paling luar hingga bagian yang paling dalam yaitu embrio.

Embrio ini biasanya mulai tumbuh setelah di erami dan tumbuh dengan bantuan bagian-bagian yang terdapat pada telur. Telur dari setiap ovipar memiliki masa pertumbuhan yang berbeda-beda tergantung dari jenis hewannya. Sekian informasi bagian telur, semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *