Bagian – Bagian Usus Halus

Pekerjaan pencernaan utama sesungguhnya terjadi di dalam usus halus. Usus halus dapat memiliki pajang hingga 21 meter. Usus halus memiliki tiga bagian utama yakni

1. Duodenum

Duodenum merupakan bagian paling pertama yang kita temui di usus halus. Duodenum merupakan bagian terpendek yang ada di usu halus, memiliki panjang kurang dari 10 inci.

2. Jejunu

Jejunu merupakan bagian dimana penyerapan nustrisi sebagian besar terjadi.

3. Ileum

Ileum adalah bagian terakhir dalam usus halus dan memiliki tempat kecil yang mana merupakan tempat bertemu antara usus besar dan usus buntu. Ileum adalah bagian terpanjang di dapam usus halus dan memiliki fungsi untuk penyerapak B12 dan melakukan pemrosesan akhir dan karbohidrat serta protein.

Usus halus merupakan salah satu bagian anggota dari saluran pencernaan yang teletak di tengah – tengah antara bagian lambung dengan bagian usus besar. Usus besar memiliki fungsi untuk menggiling , mencerna, menghancurkan dan menyerap nutrisi dan sari yang sebelumnya sudah berada di dalam lambung.

Beberapa Bagian dari Usus Halus

Usus halus memiliki beberapa bagian yang perlu di ketahui antara lain:

  1. Di dalam usus halus terdapat usus 12 jari yang memiliki panjang sekitar 38 centimeter, dan di dalam usus 12 jari ini terdapat saluran empedu serta saluran pankreas.
  2. Di dalam usus halus terdapat usus kosong yang berukuran 1 hinga 2 meter. Makanan yang dicerna ketika kita makan akan diselesaikan dan diteruskan ke dalam betuk yang lebih halus agar dapat mempermudah tubuh yang dapat menyerap sari – sari makanan. Sehingga dari proses tersebut dapat menghasilkan glisero, asam lemak, zat glukosa serta asam amino.
  3. Di dalam usus halus terdapat usus penyerapan yang seperti namanya usus ini berfungsi untuk menyerap nutrisi makanan yang kita konsumsi dan memiliki panjang sekitar 2 hingga 4 meter. Nutrisi dalam makanan diserap di usus halus dan kamudian diedarkan ke pembluh darah melalui pembuluh vena porta hipotika hingga ke jaringan hati. Fungsi dalam usus penyerapan yakni agar maknan dapat di serap dalam proses penyerapan yang terjadi di dalam usus halus.

 

Loading...

Artikel terkait lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *