Biografi Ibnu Al Mundzir (dokter hewan)

Ibnu al Mundzir Abu Bakr Bin Badr atau dikenal dengan nama lain Al Baytar an Nasiri, terkenal sebagai grand master dokter hewan. Ia bekerja sebagai kepala dokter hewan pada Mamluk sultan Mesir, Nasir an Din Muhammad bin Kalawun yang memerintah pada tahun 693 H/1294 M.

Pada saat penaklukan pemerintahan inilah (sekitar 1339-1340 M) Al Mundzir menulis karyanya tentang hippologi (persendian tulang) yang berjudul Kisyaf Hamm al Wayl fi Ma’rifat Amrad al Khayl, sebuah kompilasi dari karya-karya lama, terutama dari Kamil as Sina’ atau Al Baytara wa az Zartafa, karya Ibnu Abi Khazzam, pada abad ke 3 H/9 M. Karya kompilasi tersebut kemudian diberi judul yang lebih sederhana Kitab an Nasiri. Oleh A. Perron, terjemahan buku ini kemudian diterbitkan dalam 3 jilid, disertai pengantar yang terperinci dengan judul panjang, “Le Naceri: la Perfection des deux Art out Traite Complet D’hippologie et D’hippiatrie Arabes, Trad I’ra rabe d’Abou Bekr Ibnu Bedr.

Jilid 1 yang muncul pada tahun 1852 M berisi suatu pengantar yang menyajikan banyak informasi tentang kuda Arab, perkembangbiakannya, serta penekanan terhadap usaha-usaha khusus yang dilakukan oleh sultan an Nasir untuk mengembangkan peternakan kuda di Mesir.

Pengantar tersebut diberikan oleh J. Von Hammer Purgstall, dengan dibumbui sedikit kritik, yang ia sendiri yakin bahwa di kemudian hari akan dimodifikasi kembali, bila publikasinya mulai berkurang.

Jilid 2 yang muncul pada tahun 1859 M berisikan terjemahan dari bagian-bagian yang menyangkut hippologi. Sedang jilid 3 (1860 M) banyak berkaitan dengan hippiatri.

Terjemahan A. Perron “Le Naceri”, kemudian merupakan sebuah sumber dokumentasi yang kaya dan amat penting, namun ia bukanlah karya yang cukup mendasar tentang hippologi Arab. Apalagi bila dilihat dari sejumlah karya-karya lain yang menyangkut subyek tersebut, yang telah diterbitkan waktu itu.