Cara Penularan Virus influenza

Dais Suryani~ /Biologi

Saat musim hujan tiba banyak orang yang rentan terkena penyakit. Penyakit yang mudah menyerang saat musim hujan umumnya adalah influenza atau lebih dikenal dengan flu. Flu disebabkan oleh adanya infeksi virus. Virus dapatĀ  terbawa oleh angin dan udara.

Ketika seseorang yang kondisi badannya tidak fit dan menurun maka virus akan menyerang. Sehingga orang yang kondisi badannya tidak fit akan mudah terserang flu. Tanda tanda seseorang terkena flu adalah tenggorokan sakit, hidung tersumbat serta sakit kepala.

Flu biasanya juga disertai dengan demam. Oleh karena itu saat musim hujan tiba, sangat disarankan untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit terutama flu.

Cara Penularan Virus influenza

Flu merupakan infeksi virus yang menyerang sistem pernafasan. Virus flu mudah sekali penularannya. Virus ini akan mudah menular melalui butiran liur yang dikeluarkan oleh si penderita flu ketika bersin, virus akan terbawa oleh angin dan udara.

Lalu virus influenza yang terbawa oleh udara tersebut kita hirup saat bernafas. Selain itu barang barang yang sudah terkontaminasi oleh virus influenza juga dapat menularkan flu. Misalnya ketika penderita bersin dan ditutup dengan tangan, lalu tanpa sengaja memegang gagang pintu.

Setelah itu kita juga memegang gagang pintu lalu makan tanpa cuci tangan. Tanpa kita sadari pada gagang pintu tersebut sudah ada virus influenza yang menempel. Oleh karena itu sangatlah penting untuk menjaga kebersihan dan biasakan mencuci tangan sebelum makan.

Loading...

Ketika seseorang terserang influenza konsidi tubuhnya pasti akan menurun. Pertolongan pertama saat flu menyerang adalah memberikan obat untuk flu yang sudah banyak tersedia di pasaran seperti apotik atau toko toko terdekat.

Setelah mengkonsumsi obat influenza, usahakan untuk memperbanyak istirahat, karena dengan istirahat yang cukup akan membantu mempercepat pemulihan tubuh. Selain istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang bergizi juga diharuskan saat terserang flu.

Makan makanan yang bergizi juga akan mempercepat proses pemulihan tubuh. Terakhir konsumsi buah buahan yang banyak mengandung vitamin c dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika tidak mau kerepotan harus mengkonsumsi buah bisa juga mengkonsumsi suplemen vitamin c yang sudah banyak tersedia di pasaran.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *