4 Ciri-ciri Sosiologi

apipah~ /Sosiologi

Halohaa semuaa!!! Ketemu lagi dengan saya. dan pada kesempatan kali ini saya bawa sebuah artikel yang berjudul Ciri – Ciri Sosiologi. Setelah, sebelumnya saya membagikan artikel mengenai Apa itu Sosiologi, sekarang ada kelanjutannya yaitu mengenai Ciri – Ciri Sosiologi. Lantas, apa sih ciri sosiologi itu ? Dan bagaimana hakikat sosiologinya ya ? Mari simak sedikit penjelasan dari saya mengenai Ciri – Ciri Sosiologi. Semalat Membaca 🙂

Kalian masih ingat kan kalau sosiologi itu merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat. maka dari itu, sosiologi memiliki beberapa ciri, ciri seperti Empiris, Teoritis, Kumulatif dan Nonetis. Memangnya, apa sih empiris, teoritis, kumulatif dan nonetis itu ? Mari simak penjelasan berikut.

1. Empiris merupakan suatu ilmu pengetahuan yang didasari oleh observasi atau pengamatan terhadap suatu kenyataan dan akal sehat agar hasilnya tidak bersifat menduga- duga atau spekulatif. Dengan kata lain, empiris merupakan ilmu pengetahuan mengenai sebuah observasi yang nyata, dan hasilnya tidak di duga duga.

2. Teoritis adalah suatu ilmu pengetahuan mengenai usaha untuk menyusun abstraksi atau kesimpulan logis yang mempunyai tujuan untuk menjelaskan suatu hubungan dari sebab akibat menjadi sebuah teori dari hasil hasil pengamatan sebelumnya.

3. Kumulatif merupakan penyusunan atas dasar dasar teori yang telah ada, atau memperbaiki atau memperluas teori teori yang sudah ada sebelumnya.

4. Nonetis adalah suatu pembahasan mengenai masalah tetapi, tidak mempersoalkan baik atau buruknya masalah tersebut. Melainkan bertujuan untuk memperjelas suatu permasalahan secara lebih mendalam.

Loading...

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai Ciri – Ciri Sosiologi. Semoga dapat bermanfaat buat kalian semua. jangan lupa di share. Terima Kasih karena telah menyempatkan waktu untuk membaca.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *