Ciri-Ciri Zaman Batu

Dais Suryani~ /Sejarah

Menurut sejarah, manusia mengalami berbagai perkembangan yang sangat panjang. Perkembangan zaman dahulu tidaklah sepesat zaman sekarang, karena zaman dahulu banyak hal yang belum ditemukan dan manusia benar-benar hanya  mengandalkan alam untuk memenuhi setiap kebutuhan kesehariannya.

Manusia tidak langsung memiliki berbagai macam alat untuk melakukan suatu kegiatan, karena mereka menemukan berbagai alat melalui perkembangan masa dan waktu yang cukup panjang. Perkembangan ini dijadikan menjadi beberapa kelas, dan salah satu kelas dalam masa sejarah adalah zaman batu.

Zaman batu ini manusia baru mengandalkan batu untuk dijadikan berbagai alat. Zaman batu ini memiliki berbagai ciri dan memiliki beberapa klasifikasi lagi.

Ciri Pembagian Zaman Batu

Ciri zaman batu yang pertama adalah zaman Palaeolithikum. Pada zaman ini, manusia masih menggunakan batu yang belum dihaluskan dan masih begitu kasar. Zaman ini adalah awal mula dari klasifkasi zaman batu.

Berbagai alat yang bisa ditemukan dari zaman batu adalah kapak genggam, atau yang biasa juga disebut dengan chopper. Alat ini biasanya digunakan untuk memotong sesuatu. Selanjutnya ada pula alat yang terbuat dari berbagai tulang atau tanduk dari binatang yang biasa digunakan sebagai alat penusuk.

Selanjutnya ada pula flakes, yang biasanya digunakan sebagai pengupas makanan dan dibuat dari baru Chalcedon. Perkembangan ini terus merangkak menuju zaman mesolithikum, dengan peralatan batu yang lebih halus dari zaman palaeolithikum.

Loading...

Meski alat yang ditemukan hampir sama, namun sudah ada perbaikan dari masing-masing alat yang digunakan. dilanjutkan dengan neolithikum, dengan peralatan batu yang sudah dihaluskan dan sudah ditemukan pula berbagai perhiasan.

Terakhir adalah zaman megalithikum, dengan ciri batu sudah begitu halus dan memiliki fungsi masing-masing. Dalam masa ini sudah ditemukan keranda, tugu, meja, dan tentunya sebagian besarnnya dibentuk dengan batu.

Itulah beberapa ciri dari masing-masing pembagian zaman batu yang menjadi salah satu ilmu dalam disiplin sejarah. Berbagai ciri ini menunjukkan bahwa manusia merupakan makhluk berakal yang akan terus menemukan sesuatu, dan sangat baik untuk dijadikan sebagai pembelajaran.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *