Contoh Akar Adventif

Mungkin sebagian besar dari anda masih asing dengan istilah akar adventif. Akar adventif merupakan salah satu jenis akar yang biasanya tumbuh di atas tanah. Kita tahu bahwa akar merupakan salah satu bagian yang penting di dalam tumbuhan.

Dengan adanya akar, tentu seluruh zat makanan ataupun air yang ada di dalam tanah diresap dan disimpan di dalam akar. Pada umumnya, akar merupakan salah satu bagian dari tumbuhan yang berada di dalam tanah.

Namun ternyata akar juga ada pula yang berada di permukaan tanah. Akar tersebut dinamakan sebagai akar adventif. Munculnya akar adventif ini memiliki banyak faktor, termasuk juga faktor lingkungan eksternalnya yang tidak memungkinkan untuk tumbuh di dalam tanah dan lain sebagainya.

Contoh Akar Adventif Dan Fungsinya

Salah satu contoh dari akar adventif adalah pohon bakau yang bisanya kita temukan di pesisir air laut. Dalam pertumbuhannya, akar ini menjadi sarana propagasi yang turun lateral. Sehingga akar ini memiliki jarak yang lumayan panjang dari tanaman pokoknya.

Namun jangan salah ya. Walaupun di dalam kasat mata akar jenis ini memiliki bentuk yang tidak normal dan tidak sama dengan akar-akar pada umumnya, ternyata akar adventif ini juga memiliki fungsi yang bermanfaat pula. Salah satunya adalah pada saat banjir.

Pada saat banjir keberadaan akar ini sangat dibutuhkan. Akar adventif ini dapat dikembangkan dan membantu tanaman untuk bisa bertahan untuk hidup. Hal ini dikarenakan pada saat akar pokoknya terendam namun jaringan akarnya masih bisa meresap di akar yang di permukaan tersebut dan bisa bertahan lama untuk tetap hidup.

Akar adventif juga bisa berfungsi jika akar utamanya juga mengalami cidera sehingga tidak optimal di dalam melakukan penyerapan. Selain itu, akar adventif yang muncul di permukaan tanah memiliki dukungan struktural yang sangat bermanfaat pada tumbuhan itu sendiri.

Itulah sedikit ulasan mengenai contoh akar adventif yang ada di kehidupan sehari-hari kita dan apa saja fungsi dari jenis akar yang tidak seperti pada umumnya ini. Semoga sedikit ulasan di atas bisa bermanfaat untuk anda dan semoga informasi dan pengetahuan anda juga bisa bertambah pula.

Loading...

Artikel terkait lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *