Contoh Molekul polar

apipah~ /Kimia

Molekul polar adalah molekul yang mengandung ikatan polar di mana jumlah semua momen dipol ikatan tidak nol. Ikatan polar terbentuk ketika ada perbedaan antara nilai-nilai elektronegatifitas atom yang berpartisipasi dalam ikatan.

Molekul polar juga terbentuk ketika pengaturan spasial ikatan kimia mengarah ke muatan yang lebih positif pada satu sisi molekul daripada yang lain.

Contoh Molekul Polar

Air (H2O) adalah molekul polar. Ikatan antara hidrogen dan oksigen terdistribusi sehingga atom-atom hidrogen berada pada satu sisi atom oksigen, dan tidak secara merata. Sisi oksigen dari molekul memiliki muatan sedikit negatif, sedangkan sisi dengan atom hidrogen memiliki muatan sedikit positif.

Etanol bersifat polar karena atom oksigen menarik elektron karena elektronegativitasnya lebih tinggi daripada atom lain dalam molekul. Dengan demikian gugus -OH dalam etanol memiliki muatan sedikit negatif.

  • Amonia (NH3) bersifat polar.
  • Sulfur dioksida (SO2) adalah polar.
  • Hidrogen sulfida (H2S) bersifat polar.

Karbon dioksida terdiri dari ikatan polar, tetapi momen dipol saling meniadakan satu sama lain dan oleh karena itu bukan molekul polar.

Memprediksi Polaritas dan Nonpolaritas

Apakah suatu molekul bersifat polar atau nonpolar adalah masalah geometrinya. Jika satu ujung molekul memiliki muatan positif, sementara ujung yang lain memiliki muatan negatif, molekulnya adalah polar.

Loading...

Jika muatan didistribusikan secara merata di sekitar atom pusat, molekulnya adalah nonpolar.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *