Daftar Istilah Dalam Anatomi

Banyak bagian tubuh yang terletak simetris. Misalnya anggota gerak mata dan telinga, paru-paru dan ginjal. Akan tetapi juga terdapat banyak asimetri pada susunan tubuh. Limpa terletak di sebelah kanan, pankreas terletak sebagian di kiri dan sebagian di kanan.

Tubuh manusia dipelajari dalam keadaan berdiri tegak dengan kedua lengan di sisi terbuka dan telapak tangan menghadap ke depan, kepala tegak dan mata tertuju lurus ke depan. Ini disebut posisi anatomi.

Maka letak berbagai bagian tubuh dilukiskan dengan memperbandingkannya pada garis-garis dan bidang-bidang khayal (imajiner). Misalnya bidang medial melalui sumbu tengah tubuh. Sesuatu struktur yang letaknya lebih dekat pada bidang median tubuh daripada struktur lain, dikatakan medial terhadap yang lain. misalnya otot pangkal paha yang terletak di sebelah dalam paha adalah medial terhadap kelompok lainnya yang berada di sebelah luar, yang disebut lateral. Sesuai dengan itu, maka di sisi paha disebut aspek medial dan sisi luar disebut aspek lateral.

Istilah interna dan externa digunakan untuk melukiskan jarak relatif sebuah organ atau struktur terhadap pusat sebuah rongga. Iga-iga misalnya mempunyai permukaan interna, yaitu yang menghadap ke dalam rongga dada dan permukaan externa yang ke sebelah luar. Arteri karotis interna terletak di dalam rongga tengkorak dan yang externa terletak di sebelah luar.

Istilah superfisial (di permukaan) dan profunda (dalam) digunakan untuk menunjukkan jarak relatif dari permukaan tubuh. Dan istilah superior dan inferior menunjukkan letak relatif tinggi atau rendah, khususnya dalam perbandingan dengan badan, seperti permukaan superior dan inferior dari klavikula (tulang selangka).

Istilah anterior dan posterior merupakan sinonim dari ventral dan dorsal. Istilah-istilah ini hanya digunakan untuk orang dalam keadaan berdiri tegak atau “posisi anatomi”. Misalnya arteri tibialis anterior dan posterior terletak di depan dan di belakang tunkai bawah. Dalam melukiskan permukaan telapak tangan digunakan istilah palmar dan dorsal, bukan anterior danposterior. Dan dalam melukiskan permukaan telapak kaki dipakai istilah plantar dan dorsal.

Istilah proximal dan distal dipakai untuk menunjukkan dekat jauhnya, atau jarak dari sebuah titik tertentu. Misalnya falanx proximal lebih dekat kepada pergelangan daripada yang distal, yang letaknya terjauh. Bila tiga struktur terletak dalam satu garis yang berjalan mulai dari bidang median tubuh ke samping luar, maka ini dilukiskan sebagai letak medialis, intermedialis, dan lateralis. Contoh dari ini dapat dilihat dalam urutan ketiga tulang kuneiformis dari telapak kaki.

Sesuai dengan ini maka bila tiga struktur terletak dalam sebuah garis yang berjalan dari depan ke belakang (anterior ke posterior) atau dari atas ke bawah (superior ke inferior), hal ini dilukiskan sebagai anterior, medialism dan psterior, sebagaimana terjadi dengan letak ketiga fossae dari tegkorak. Dan superior, medialis dan inferior seperti yang terjadi pada letak urutan sendi-sendi radio-ulnaris.

Loading...