Dampak Positif dan Negatif Amonia

Amonia merupakan senyawa kimia yang memiliki rumus NH3. Bentuk dari senyawa ini yang sering ditemui adalah bentuk gas yang memiliki bau yang menyengat dan tajam. Amonia ini memiliki dampak positif sekaligus dampak negatif.

Amonia memiliki peranan yang penting bagi keberadaan nutrisi di bumi, namun amonia juga memiliki dampak negatif yang merusak kesehatan. Sebaiknya anda tidak melakukan kontak yang terlalu lama dengan gas amonia ini atau anda akan mengalami berbagai masalah.

Dampak Negatif Amonia

Salah satu dampak negatif dari amonia bila melakukan kontak terlalu lama adalah dapat terkena kerusakan paru-paru, bahkan jika konsentrasi gas amonia yang anda hirup tinggi, bisa saja mengakibatkan kematian.

Di Amerika saja sudah ditetapkan berapa lama waktu untuk bisa melakukan kontak langsung dengan gas amonia ini. Pekerja hanya memiliki waktu maksimal 15 menit kontak dengan gas amonia. Itulah dampak negatif yang bisa disebabkan oleh amonia, sedangkan manfaat dari amonia ini juga cukup banyak.

Manfaat Amonia

Salah satu manfaat amonia yang besar pengaruhnya bagi kehidupan adalah untuk obat-obatan. Amonia biasa diguankan sebagai bahan campuran untuk membuat pupuk urea. Tak hanya itu, amonia juga digunakan sebagai salah satu campuran untuk membuat baterai.

Bahkan amonia juga menjadi salah satu bahan dasar untuk membuat bahan peledak. Tak cukup sampai disitu, amonia juga bisa digunakan sebagai detergen yang dapat membersihkan berbagai perobot rumah.

Ciri-ciri dari Amonia

Untuk mewaspadai dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh amonia, ada baiknya kalau kita mengetahui ciri-ciri dari zat amonia. Ciri-ciri yang pertama adalah bentuknya gas, baunya menyengat, namun tidak berwarna.

Amonia juga sangat mudah larus dalam air, serta mudah mencair jika dibekukan. Ciri-ciri lainnya yaitu sifatnya yang korosif terhadap timah dan tembaga. Yang terakhir, amonia juga biasa digunakan sebagai bahan cat rambut ataupun zat untuk meluruskan rambut.

Jadi itulah beberapa ciri dari amonia ini yang dapat anda ketahui sehingga anda akan lebih waspada terhadap gas amonia berkonsentrasi tinggi. Amonia memang memiliki dampat posifit sekaligus negatif.

Loading...

Artikel terkait lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *