Fungsi Amigdala dan Hippocampus

Dais Suryani~ /Biologi

Salah satu cabang ilmu yang ada di dunia ini adalah ilmu biologi. Ilmu biologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang kehidupan berbagai makhluk hidup di dunia ini maupun keterkaitan antara makhluk hidup dengan makhluk lainnya yang juga ada di dunia ini.

Sebenarnya, ilmu biologi juga dibagi lagi menjadi cabang-cabang ilmu lainnya yang lebih khusus dan spesifik. Salah satunya adalah cabang ilmu yang mempelajari mengenai struktur tubuh manusia. Biasanya, cabang ini disebut juga dengan sebutan bahasan anatomi.

Seperti yang kita ketahui bersama, tubuh kita terdiri dari berbagai macam bagian maupun anggota tubuh lainnya yang saling bersinergi antara satu dengan yang lainnya sehingga menciptakan suatu tubuh yang sehat.

Salah satu anggota tubuh yang paling penting yang harus Anda ketahui dan Anda jaga dengan sebaik-baiknya adalah bagian otak. Otak merupakan bagian dari tubuh yang mengatur segala hal mengenai tubuh Anda. Baik itu untuk bergerak, untuk merasakan, maupun kegunaan lainnya.

Otak manusia pada dasarnya juga tersusun dari berbagai macam bagian-bagian tertentu yang memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Contoh dari bagian-bagian tersebut adalah amigdala dan hippocampus.

Pengertian dan Fungsi Amigdala

Amigdala merupakan bagian dari otak (lebih tepatnya lagi berupa saraf) yang berfungsi untuk seluruh emosi yang dirasakan oleh manusia. Emosi itu merupakan perasaan senang, sedih, marah, maupun kecewa.

Loading...

Selain itu, amigdala juga berfungsi untuk menyimpan berbagai kejadian yang pernah Anda alami dalam bentuk kenangan yang disimpan pada memori otak. Tentu saja, amigdala memiliki peran yang cukup penting bagi Anda, karena tanpa adanya amigdala, Anda tidak dapat merasakan emosi apapun.

Pengertian dan Fungsi Hippocampus

Selain amigdala, ada lagi hippocampus. Hippocampus merupakan organ kecil yang terletak didalam lobus temporal medial otak yang sangat berguna pada sistem limbik. Bagian hippocampus ini biasa disebut juga sebagai kuda laut.

Hal ini dikarenakan jika diperhatikan dengan seksama, bentuk hippocampus ini mirip seperti kuda laut. Pada dasarnya, amigdala maupun hippocampus memiliki fungsi dan peran yang hampir sama, yakni mengatur emosi manusia dan bertanggung jawab atas ingatan manusia.

Namun yang membedakan adalah hippocampus merupakan suatu organ, sedangkan amigdala merupakan suatu saraf.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *