Prosesor Komputer (Jenis dan Fungsi Bagian Prosesor)

Processor adalah salah satu komponen penting komputer yang berfungsi untuk memproses data dan mengontrol sistem yang ada pada komputer. Processor juga bisa disebut sebagai otak dari komputer. Secara singkat, processor bekerja untuk melakukan perhitungan serta menjalankan perintah-perintah yang diperintahkan oleh pengguna komputer itu sendiri. Dan dalam sebuah komputer, Processor layaknya sebuah mesin yang mana kinerjanya harus dibantu oleh komponen-komponen lain seperti mainboard, memory, dan banyak hal lainnya.

Selain itu, processor biasanya terletak di motherboard dan diletakan pada socket yang telah disediakan. Uniknya, processor sebuah komputer ternyata bisa diganti dengan jenis-jenis lain, Namun, processor penggantinya harus sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Pasalnya, jika tidak sesuai, processor tidak akan terhubung dengan komputer. Bahkan, tidak bisa terpasang di socket motherboard.

Jenis Prosesor-Prosesor Komputer

Intel

Prosesor ini di buat oleh perusahaan Intel corporation yang berpusat di USA, tak perlu ragu lagi untuk menggunakan produksi dari intel corporatin, negara luar juga banyak menggunakan prosesor ini karena kelebihannya ialah:

  • Lebih tahan panas di banding prosesor pabrikan lainnya
  • Produksinya lebih populer dulu di banding brnad yang lainnya, sehingga memiliki daya jual yang sangat tinngi
  • Memiliki kelebihan Turbo Bost, pada intel Core 13. care 15, dan core 17, sehingga mempercepat pemrosesan.

Amd (Advanced Micro Deviced)

Perusahaan ini berpusat di sunnyvale, calofirnia, amerika. AMD sendiri merupakan pesaing terberat dari Intel. Khusus penggemar Game pasti sangat cocok menngunakan Amd teranyar yang telah di produksi oleh perusahaan yang di lengkapi VGA ati radeon. konsumsi daya listrik Prosesor jenis ini lebih banyak dibandingkan dengan Intel.

Arm ( Advanced RISC Machine)

Prosesor ini dikembangkan oleh ARM Limited, prosesor ini di buat untuk mengoptimalkan tiga kategori oleh sebab itu prosesor ini sering digunakan oleh perangkat handphone.music player serta router.

  • Aplikasi Aman
  • Aplikasi Platform
  • Tertanam Sistem Real-Time

Cyrix

Awal mula didirikan pada tahun 1988 yang bertempat di Richardson,Texas., secara kwalitas prosesor jenis ini masih di ungguli oleh Intel dan Amd, namun secara kecepatan pemrosesan , prosesor jenis Cyrix ini memiliki kecepatan yang optimal.

Transmeta

Perusahaan yang memprodeksi prosesor jenis Transmeta ialah, Transmeta corporation , sebelum perusahaan ini berhenti , prosesor jini juga menjadi pesaing berat Intel maupun Amd, mengapa karena prosesor ini saat beroperasi di komputer hanya membutuhkan listrik yang sedikit, tidak cepat panas saat digunakan jangka waktu lama serta memiliki daya jual yang cukup mura.

Via

Perkembangan prosessor ini berkembang setelah prosessor Cyrix kerena perusahaan cyrix telah di akuisisi oleh Via, awal mula beroperasi prosesor ini ialah tahun 1887 bertempat di taiwan, pembuatan dari prosesor ini ialah untuk menjalankan perangkat-prangkat kecil dalam komputer serta perangkat yang ringan.

Fungsi Processor dan Bagiannya terdiri dari tiga bagian utama yaitu :

Control Unit (CU)

Semua peralatan pada sistem komputer dikendalikan dan diatur oleh bagian ini. Perpindahan data dari memori utama dieksekusi di bagian CU ini. Untuk kemudian dikirim kembali hasilnya ke memori utama. Setelah itu layar monitor akan menampilkan hasil outputnya atau harddisk akan menyimpan data hasil olahan tersebut.

Arithmatic and Logical Unit (ALU)

Perhitungan matematika / aritmatika  semuanya dilakukan pada Bagian ALU ini, tanpa terkecuali. Selain itu, apabila program / software yang sedang kita gunakan mengalami masalah maka akan ada Informasi Peringatan Kesalahan (Error Warning) yang tampil di monitor, yang kesemuanya itu dilakukan di bagian ALU ini. Intinya, bagian ALU ini merupakan bagian LOGIKA (pengambil keputusan).

Registry (Register)

Register merupakan tempat ngantri data-data yang akan diproses, sebelum data tersebut masuk ke memori utama. Walaupun bagian ini merupakan media penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan akses tinggi.

Fungsi Processor sangat dominan dan utama, sebab tanpa Processor maka komputer sama saja seperti manusia yang kehilangan otaknya. Sebab pada processor itulah semua pengendalian dan pemrosesan terjadi. Bedanya processor dengan otak yaitu processor hanya berfungsi sebagai pemroses data saja, kemudian data tersebut dikirimkan ke memori utama kembali. Processor tidak bisa menyimpan data seperti halnya otak manusia.

Pada umumnya fungsi processor (prosesor) adalah hanya untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau di input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran berupa output.

Prosesor tidak dapat bekerja sendiri namun membutuhkkan dukungan maupun terus berhubungan dengan komponen lain terutama hardisk dan RAM. Dalam memproses sebuah data dapat dilakukan dengan waktu proses cepat atau lambat tergantung kecepatan prosesor tersebut.

Loading...