Hemoglobin (pengertian, fungsi, dan cara mengatasi hemoglobin rendah)

Hemoglobin ialah protein yang kaya akan zat besi. Ia memiliki afinitas (daya gabung) terhadap oksigen dan dengan oksigen itu membentuk oxihemoglobin di dalam sel darah merah. Dengan melalui fungsi ini maka oksigen dibawa dari paru-paru ke jaringan-jaringan. Jumlah hemoglobin dalam darah normal ialah kira-kira 15 gram setiap 100 ml darah, dan jumlah ini biasanya disebut “100%”.

Dalam berbagai bentuk anemi jumlah hemoglobin dalam darah berkurang. Dalam beberapa bentuk anemi parah, kadar itu bisa di bawah 30% atau setiap 100 ml. Karena hemoglobin mengandung besi yang diperlukan untuk bergabung dengan oksigen, maka dapat dimengerti bahwa pasien semacam itu memperlihatkan gejala kekurangan oksigen seperti napas pendek. Ini sering merupakan salah satu gejala pertama anemi kekurangan zat besi.

Hemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, pada mamalia dan hewan lainnya. Hemoglobin juga pengusung karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh. Molekul hemoglobin terdiri dari globin, apoprotein, dan empat gugus heme, suatu molekul organik dengan satu atom besi.

Mutasi pada gen protein hemoglobin mengakibatkan suatu golongan penyakit menurun yang disebut hemoglobinopati, di antaranya yang paling sering ditemui adalah anemia sel sabit dan talasemia.

Fungsi dari hemoglobin adalah untuk menjaga keseimbangan asam basa darah. Tugas akhir hemoglobin adalah menyerap karbondioksida dan ion hidrogen serta membawanya ke paru-paru tempat zat-zat tersebut dilepaskan dari hemoglobin. Hemoglobin diukur dalam satuan gram per 100 ml. Nilai normalnya adalah 14-16 gram per 100 ml.

Cara untuk mengatasi hemoglobin rendah

  • Konsumsi makanan yang mengandung sumber pembetuk darah, seperti daging, susu dan sayur bayam
  • Hindari konsumsi kopi dan teh
  • Makan teratur
  • Istirahat dan tidur yang cukup
  • Berolahraga rutin dan tidak terlalu berat, seperti jogging dan senam
Loading...