Hewan yang hidup di Zona Abisal

Anda mungkin sudah pernah mendengar mengenai zona abisal, namun apakah Anda sudah mengetahui apa-apa saja makhluk hidup yang menghuni zona tersebut ? Sebelum membahas mengenai makhluk hidup yang ada di zona abisal, Anda perlu mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu zona abisal.

Pengertian Zona Abisal

Zona abisal adalah zona yang ada di dasar laut yang sangat dalam, zona ini umumnya dimulai dari kedalaman 1000 meter hingga 6000 meter. Salah satu zona yang termasuk dalam lubuk laut dan palung laut ini memiliki tekanan air laut yang sangat besar sehingga hanya sedikit makhluk hidup yang dapat bertahan di dalam zona tersebut.

Dikarenakan suhu pada zona abisal ini sangat dingin, pada zona ini tidak dapat ditemui spesies seperti tumbuh-tumbuhan laut. Di daerah zona abisal ini juga tidak pernah mendapatkan cahaya dan sangat gelap sehingga pada zona ini tidak terdapat produsen.

Makhluk Hidup Penghuni Zona Abisal

Spesies hewan yang sangat unik dapat Anda temukan pada zona abisal ini. Tubuh dari hewan tersebut dapat beradaptasi dengan karakteristik lingkungan yang ada pada zona abisal. Karakteristik tersebut diantaranya seperti cahaya, tekanan, suhu, oksigen, dan makanan.

Karena pada zona abisal ini tidak mendapat cahaya, sebagian besar makhluk hidup pada zona abisal ini memiliki tubuh yang dapat menghasilkan cahaya biru dan hijau atau biasa disebut dengan bioluminescence.

Selain bisa menghasilkan cahaya biru dan hijau makhluk hidup pada zona ini juga memiliki mata yang lebih besar, hal itu berguna untuk menangkap cahaya lebih banyak. Mengenai penghuni zona abisal ini sendiri memiliki kecenderungan tubuh yang berwarna hitam kelam atau abu-abu keperakan serta tidak memiliki kontras warna pada tubuhnya.

Selain itu, makhluk hidup pada lapisan ini memiliki kulit yang berongga serta tulang yang lunak dan fleksibel. Dalam hal mencari mangsa, makhluk hidup pada zona abisal memiliki struktur mulut yang besar dan gigi yang tajam, hal ini berguna bagi mereka untuk mencari atau berebut mangsa. Beberapa makhluk hidup penghuni zona abisal adalah sebagai berikut :

  1. Angler Fish.
  2. Gulper eel.
  3. Viper Fish.
  4. Bathynomus Giganteus.
  5. Grammatostomias Flaggellibarba atau Dragon Fish.
  6. Chimaera atau Ghost Shark.
Loading...

Artikel terkait lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *