Inilah Jenis dan Fungsi Jaringan Ikat

Jaringan ikat ini melengkapi kerangka badan. Terdapat beberapa jenis jaringan ikat.

Jaringan areolar

Ini terdiri atas jaringan yang tidak terjalin erat dan yang tersebar luas pada seluruh tubuh. Letaknya langsung di bawah permukaan kulit mukosa dan membentuk jaringan subkutan dan submukosa. Jaringan ini juga membentuk sarung fasia. Sarung fasia ini mendukung, mengikat serta menyambung otot, saraf, pembuluh darah dan organ lain.

Jaringan areolar terdiri atas suatu matriks (bahan) yang terbuat dari zat intraseluler dan yang memuat sel-sel jaringan ikat. Ke dalam jaringan areolar ini terjalin berkas-berkas serabut putih halus yang terbentuk dari benang-benang ikal (berombak) dan tersebar di seluruh matriks dalam segala jurusan dan tersusun sedemikian sehingga membentuk suatu jalinan. Serabut-serabut ini terdiri atas kolagen, yaitu bahan sejenis gelatin, dan disatukan oleh musin.

Serabut elastik

Serabut elastik tampak berwarna kuning dan terdiri atas elastin, juga merupakan bagian dari struktur ini. Serabut-serabut elastik halus dan kelihatan kuat dan lurus.

Ruang antar jaringan tempat menampung limfe adalah besar dan dari limfe itulah sebagian besar makanan untuk jaringan areolar diambil. Ruangan linfe itu bersambung satu dengan yang lain dan disinilah, di dalam ruang-ruang ini banyak dibuat zat imun (pengebal) yang melindungi tubuh terhadap penyakit.

Jaringan limfoid retiformik (retikuler)

Jaringan limfoid retiformik (retikuler) atau jaringan adenoid mirip dengan jaringan areolar. Tetapi ada sejenis sel tertentu, yaitu limposit, didapati dalam jumlah yang sangat besar dan membentuk massa terbesar dari jaringan ini. Limposit-limposit ini disatukan oleh serabut halus jaringan ikat yang disebut serabut retikuler. Serabut-serabut ini nampak seperti serabbut kolagen yang belum matang.

Jaringan mukoid

Jaringan mukoid dijumpai pada tali umbulikus (tali pusar) pada waktu lahir, yaitu di dalam zat “jelly” dari Wharton. Jaringan ini dijumpai pada orang dewasa dalam cairan vitreus pada mata.

Jaringan adiposa

Jaringan adiposa atau jaringan lemak ditimbun di sebagian besar bagian tubuh. Dihubungkan dengan jaringan areolar dengan cara penyebaran sel-sel lemak yang khusus disediakan untuk menampung zat lemak, jaringan ini dapat dijumpai dalam semua jaringan subkutaneus, kecuali di kelopak mata, penis dan di dalam rongga tengkorak.

Fungsi

Untuk mendukung dan mempertahankan kedudukan organ dalam tubuh. Misalnya ginjal terbenam sama sekali dalam lemak. Untuk membentuk lapisan pelindung bagi tubuh. Sebagai tempat penyimpanan air dan lemak, yang bila diperlukan dapat diserap kembali, dan menyediakan sumber panas dan energi untuk keperluan tubuh melalui proses pembakaran dalam jaringan sewaktu metabolisma.

Jaringan elastik

Bentuk jaringan ikat ini mengandung serabut elastik dalam jumlah yang besar. Jaringan ini dijumpai dalam dinsing arteri dan pipa udara saluran pernapasan dan membantu supaya pembuluh dan saluran ini tetap terbuka. Juga terdapat dalam ligamen (tali sendi) tertentu, seperti pada ligamentum subflava dari tulang belakang yang karena sifat elastik dan dapat diregangkan itu, sangat membantu kerja otot untuk mempertahankan posisi tertentu, seperti mempertahankan kedudukan tegak rangkaian tulang belakang.

Jaringan fibrus

Jaringan fibrus sering disebut jaringan fibrus putih sebab terutama terbentuk dari serabut kolagen putih yang tersusun dalam alur yang tegas. Susunan ini memberi kekuatan yang besar, dan jaringan fibrus memang dijumpai di tempat yang memerlukan pertahanan.

Di antara berkas-berkas erabut putijh itu terletak beberapa jaringan areolar yang memuat serabut-serabut saraf, aliran limfe dan pembuluh darah yang melayani daerah ini.

Jaringan fibrus adalah ulet dan kuat. Membentuk ligamen, kecuali ligamen yang elastik dan tendon. Durameter yang melapisi tengkorak dan saluran tempat serabut saraf lewat, periosteum yang menutupi tulang-tulang, lapisan terkuat dari fasia yang memisahkan berkas-berkas otot, lapisan fibrus dari perikardium, dan selubung sklera dari mata, adalah contoh-contoh jaringan fibrus.

Loading...