Kegunaan Senyawa Hidrokarbon dalam Kehidupan

Kegunaan Senyawa Hidrokarbon dalam Kehidupan – Senyawa hidrokarbon memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam obat-obatan; pakaian; bahan plastik (sebagai pengganti logam atau kayu); bahan bakar; sabun; desinfektan; insektisida; serat buatan; bahan minuman.

Senyawa hidrokarbon yang terpenting adalah minyak bumi dan gas alam yang merupakan bahan baku untuk keperluan industri kimia. Kira-kira 90% dari as alam terdiri dari metana atau CH4 yang juga disebut gasa rawa. Gas alam banyak digunakan untuk memasak atau bahan bakar. Gas karbit; C2H2 cukup besar perannya dalam industri las. Gas ini dapat digunakan untuk memotong atau menyambungkan logam.

Minyak bumi merupakan senyawa hidrokarbon yang terdiri atas campuran senyawa-senyawa karbon; baik rantai karbon terbuka (alifatik) maupun senyawa karbon tertutup (siklik). Minyak bumi terutama banyak digunakan sebagai bahan bakar tenaga motor atau pembangkit tenaga listrik. Seiring dengan kemajuan teknologi; minyak bumi dapat disintesis menjadi senyawa lain yang dapat digunakan sebagai bahan dasar deterjen; industri plastik; dan industri petrokimia (pupuk).

Loading...

Artikel terkait lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *