5 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C.

Jambu memiliki banyak sekali kegunaan, dari mulai bagian akar, daun, dan buahnya. Daun jambu bisa digunakan untuk mengobati diare dan radang usus dan menghentikan pendarahan pada luka. Jambu memiliki kandungan gizi vitamin C yang lebih banyak dibandingkan jeruk. Ternyata jambu biji bisa memberikan asupan vitamin C pada tubuh sebanyak tujuh kali lipat dibandingkan jeruk.

Manfaat Jus Jambu Biji:

  • Mencegah penyakit demam berdarah
  • Memperbanyak sel darah merah pada tubuh
  • Mengobati sariawan
  • Mengobati diare.
  • Memperlancar pencernaan.

Cara membuat jambu biji

Siapkan 200 gram jambu (1 atau 2 buah jambu biji segar, muda dan tidak terlalu matang), 100 ml air, 2 sendok makan gula merah atau madu. Setelah semua bahan siap, masukkan semuanya ke dalam blender, atau juicer. Saringlah jus jambu agar tidak ikut terminum bijinya, setelah mendapatkan sarinya, jus jambu baik dikonsumsi pagi hari. Jus jambu juga bisa membantu program diet sehingga bisa dikonsumsi 3 kali sehari setelah makan pagi, siang da malam.

Loading...