10 Manfaat Jus Buah Pir Untuk Kesehatan Tubuh dan Pengobatan Penyakit

Pir (Pyrus) adalah buah yang kaya akan gizi dan mengandung kalium 119 mg per 100 gram, serat pangan, vitamin C dan K juga vitamin E, asam hidroksi, asam khlogenic, asam hidroksi sinamat.

Pir adalah pohon yang berasal dari daerah beriklim tropis di Eropa Barat, Asia dan Afrika Utara. Pohon berketinggian sedang, bisa mencapai 10-17 meter tapi sebagian spesies merupakan pohon yang pendek yang memiliki daun yang rimbun.

Daun berselang-seling, berbentuk lonjong yang lebar tapi bisa juga berbentuk membujur panjang (lanceolate) yang langsing. Panjang antara 2 sampai 12 cm. Pada sebagian spesies, daun berwarna hijau mengkilat atau sedikit berbulu berwarna keperakan. Sebagian besar pohon merontokkan daunnya di musim dingin (deciduous) dengan perkecualian dua spesies Pir di Asia Tenggara selalu berdaun hijau sepanjang tahun (evergreen). Pohon sangat tahan cuaca membeku di musim dingin hingga −25 °C and −40 °C kecuali spesies yang selalu berdaun hijau hanya tahan dingin sampai −15 °C.

buah pir

Bunga mekar di sekitar bulan April, berwarna putih dengan sedikit aksen warna kuning atau merah jambu. Bunga terdiri dari 5 daun mahkota. Diameter bunga antara 2 sampai 4 cm. Buah bertipe buah pome dengan diameter 1-4 cm pada spesies liar, sedangkan pohon hasil budidaya menghasilkan buah pir berukuran besar dengan ukuran sampai 18 × 8 cm. Bentuk buah beraneka ragam, sebagian besar spesies menghasilkan buah berbentuk bulat. Sebagian spesies seperti Pir Eropa menghasilkan buah yang bentuknya membesar di bagian bawah dan langsing di bagian pangkal buah. Buah siap panen di awal musim gugur.

Jenis-jenis buah pir

Pir terdiri dari berbagai varietas, yaitu:

  1. Pyrus communis, pir yang berasal dari Eropa.
  2. Pyrus bretschneideri, pir varietas ini dikenal dengan ya pear dan pyrus, pyriflias dikenal dengan nashi pear.

Mengkonsumsi jus pir setiap hari maka akan mencegah penuaan dini.

Khasiat jus pir

  1. Menurunkan demam
  2. Mencegah pembentukan sel kanker
  3. Mengatasi masalah pencernaan.
  4. Mencegah penyakit alzheimer.
  5. Mencegah osteoporosis pada tulang.
  6. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  7. Mencegah terjadinya radang usus.
  8. Mengobati diabetes.
  9. Mengatasi sembelit.
  10. Mencegah penuaan dini.

Cara membuat jus pir

Bahan-bahannya adalah 200 gram pir 1-2 matang, 100 ml air, dan 1-2 sendok makan madu. Setelah semua bahan siap, masukkah ke dalam blender, dan di blender selama 1-2 menit.

Loading...