Ciri-Ciri Lidah Buaya dan Manfaatnya Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Lidah buaya (aloe vera) mempunyai ciri-ciri yang sangat unik bila diteliti dengan baik, dia mempunyai daun yang sangat tebal dan bergerigi. Setelah diteliti ternyata banyak manfaat dari lidah buaya ini, dan yang lebih baik lagi lidah buaya juga dipergunakan untuk kecantikan.

Lidah buaya (aloevera) hampir menyerupai kaktus dan termasuk jenis tanaman tahunan. Keistimewaan dari sifatnya ialah kemampuannya bertahan hidup di daerah kering pada musim kemarau, yakni dengan cara menutup stomatanya rapat-rapat. Hal itu dilakukan untuk menghindari kehilangan air dari dalam tubuhnya.

Walaupun sudah dikenal lama, hanya sedikit masyarakat yang tahu manfaat dan khasiat tanaman ini. Padahal kandungan di dalam lidah buaya tidak sekedar untuk mencuci rambut, tetapi juga bisa mengobati penyakit, menghaluskan kulit, menyuburkan rambut atau sebagai minuman dan makanan kesehatan. Dengan berbagai keunggulan yang dikandungnya, tanaman berlendir ini dapat dijadikan lahan bisnis baru, sehingga bisa menjadi tanaman agroindustri.

Lidah buaya

Lidah buaya dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan regenerasi sel. Di samping itu, lidah buaya bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung bagi penderita HIV.

Bunga dan akar juga memiliki khasiat mengobati penyakit. Bunga lidah buaya berkhasiat mengobati luka memar dan muntah darah. Akarnya berfungsi sebagai obat cacing dan susah buang air besar (sembelit).

Rahasia keampuhan lidah buaya (alovera) terletak pada kandungan zat nutrisinya yakni polisakarida (terutama glukomannan) yang bekerjasama dengan asam-asam amino esensial dan sekunder, enzim oksidase, katalase, dan lipase terutama enzim-enzim pemecah protein (protease).

Enzim yang terakhir ini membantu memecahkan jaringan kulit yang sakit akibat kerusakan tertentu dan membantu memecah bakteri. Sehingga gel aloevera itu bersifat antibiotic, sekaligus peredam sakit. Sementara  itu asam amino berfungsi untuk menyusun protein mengganti sel yang rusak.

Loading...