6 Manfaat Jus Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Nanas mengandung berbagai macam kandungan gizi seperti: vitamin B dan vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa. Nanas juga memiliki enzim bromelain yang merupakan enzim yang dapat menghidrolisa protease atau peptide. Enzim bromelain berkasiat untuk membantu melunakkan makanan di lambung dan mempunyai aktivitas fibrinolitik.

Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama ‘nanas’ berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna “buah yang sangat baik”. Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

Buah nanas sebagaimana yang dijual orang bukanlah buah sejati, melainkan gabungan buah-buah sejati (bekasnya terlihat dari setiap ‘sisik’ pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung—bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk—menjadi satu ‘buah’ besar.

Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual, namun ia mengembangkan tanaman muda (bagian ‘mahkota’ buah) yang merupakan sarana perbanyakan secara vegetatif. nanas meningkatkan pencernaan dan mengurangi jerawat. Di Indonesia, provinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.

Nanas

Buah nanas selain bisa dikonsumsi langsung juga bisa dibuat jus. Dengan mengkonsumsi jus nanas maka aka bermanfaat untuk tubuh. Jus buah nanas, yang buahnya bersifat dingin sehingga mengurangi keasaman pada lambung yang berlebihan.

Manfaat jus buah nanas:

  • Memperlancar sistem pencernaan.
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Membantu menghilangkan lemak.
  • Menyembuhkan radang sendi.
  • Menyembuhkan infeksi salurn pernapasan.
  • Menghambat pertumbuhan sel tumor dalam jaringan tubuh.

Buah nanas yang masih muda juga bermanfaat untuk peluruh haid (emenagog), abortivum, peluruh dahak (mukolitik). Daun nanas muda berkhasiat sebagai antiradang, antipiretik, antelmintik.

Cara membuat jus nanas

Bahan-bahannya ialah 100 gram nanas, 100 ml air matang, gula merah. Setelah itu masukkan semua bahan ke dalam blender, dan blender hingga halus

Jus kombinasi nanas

Bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, menurunkan kolesterol darah. Bahan yang diperlukan adalah: 100 gram wortel, 100 g mentimun, 250 g nanas matang, 4 buah cabe merah, 50 ml cuka, 400 ml air, 100 g gula merah, dan garm secukupnya.

Setelah semua bahan siap, bersihkan sayuran dan buah-buahan, wortel, mentimun, dan nanas dipotong-potong sebesar batang korek api atau diparut. Haluskan cabai merah kemudian tambahkan cuka, air, gula merah, dan garam. Selanjutnya didihkan hingga gula larut. Masukkan wortel, mentimun, dan nanas.

Loading...