Manfaat Unsur Alkali Tanah Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Pernah kah Anda mendengar mengenai sistem periodik unsur? Sistem periodik unsur atau yang biasa dikenal dengan sebutan SPU merupakan suatu daftar mengenai unsur-unsur yang ada di muka bumi ini. Unsur-unsur ini tentu saja berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Hal ini dikarenakan setiap unsur memiliki ciri, kelebihan, maupun kekurangannya masing-masing. Sistem periodik unsur ini tidak disusun secara sembarangan, namun ada urutan-urutan tertentu yang harus dipatuhi agar ketika seseorang ingin membacanya, ia tidak akan kebingungan.

Oleh karena itu, sistem periodik unsur disusun secara sistematis dengan aturan dan urutan-urutan tertentu. Secara garis besar, sistem periodik unsur ini dibagi menjadi 8 golongan. Yakni dari golongan I hingga golongan VIII.

Unsur-unsur yang termasuk kedalam satu golongan yakni unsur-unsur yang masuk kedalam satu kolom yang sama. Salah satu golongan yang paling terkenal dan sering disebut-sebut oleh orang-orang adalah golongan II A. Golongan II A ini memiliki nama lain, yakni Alkali Tanah.

Jadi, terdapat dua sebutan untuk golongan yang satu ini, yaitu golongan II A maupun golongan Alkali tanah. Ada 6 unsur yang termasuk kedalam golongan alkali tanah. Keenam unsur tersebut adalah Berilium, Magnesium, Calsium, Stronsium, Barium, dan Radium.

Lalu, pernahkah Anda bertanya-tanya, mengenai apakah unsur-unsur yang ada di SPU memiliki manfaat untuk kehidupan manusia? Pada umumnya, semua unsur didunia ini jika digunakan dengan cara yang tepat tentu saja memiliki manfaat dan berguna bagi kehidupan manusia.

Begitu juga dengan keenam unsur ini. Berikut merupakan kegunaan alkali tanah dalam kehidupan sehari-hari:

1. Berilium

Berilium biasanya digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat suatu pesawat supersonic. Selain itu, Berilium juga dapat digunakan untuk mencegah korosi logam.

2. Magnesium

Magnesium berguna sebagai bahan untuk minuman bersoda maupun bahan obat-obatan

3. Calsium

Calsium biasanya digunakan sebagai paduan untuk membuat aluminium

4. Strontium

Strontium juga dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat suatu logam

5. Barium

Barium bermanfaat dalam bidang pengeboran minyak

6. Radium

Radium biasanya digunakan untuk membuat cat yang dapat bercahaya

Itu merupakan contoh sederhana dari fungsi-fungsi unsur alkali tanah dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun pada kenyataannya, masih banyak kegunaan lainnya yang dapat dimanfaatkan dari golongan II A pada sistem periodik unsur tersebut.

Loading...

Artikel terkait lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *