8 Cara mengobati keputihan secara alami dan tanpa efek samping

Keputihan merupakan suatu penyakit yang sering menimpa perempuan. Penyebab keputihan bermaca-macam, diantaranya disebabkan jamur, bakteri, parasit, sampai dengan virus. Di bawah ini akan kami sampaikan beberapa tindakan yang dapat membantu mencegah dan bahwan mengatasi keputihan.

Mengobati rebusan daun sirih untuk mengobati keputihan. Daun sirih sudah terkenal dari dahulu bisa mengatasi berbagai hal yang berhubungan dengan organ kewanitaan. Bahkan sejak zaman nenek moyang dahulu. Daun sirih mengandung senyawa antioksidan, antibakterial, dan antiseptik yang mampu merawat organ intim perempuan.

Caranya adalah dengan merebus daun sirih dalam air secukupnya, kemudian gunakan untuk membersihkan organ kewanitaan secara rutin. Saat ini rasanya kita tidak perlu repot-repot untuk membuat rebusan daun sirih, karena sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang berbahan dasar daun sirih.

Mengobati keputihan dengan bawang putih

bawang putih mengandung senyawa antibakterial dan antiseptik yang mampu membunuh kuman ataupun bakteri penyebab keputihan. Untuk menyembuhkan keputihan dengan bawang putih, caranya adalah dengan mengonsumsi secara rutin. Minimal satu hari mengonsumsi bawang putih sebanyak 1 buah. Tetapi terkadang ada efek sampingnya, yaitu keringat yang dikeluarkan menjadi tidak sedap.

keputihan

Menjaga kebersihan dan kelembaban organ intim wanita

Kebersihan organ intim wanita sangat penting sekali, kalau kotor dapat mengakibatkan perkembangbiakan bakteri dan kuman, sehingga resiko mengalami  keputihan semakin tinggi.

Cara membersihkan organ kewanitaan yang benar adalah dengan membersihkan dari arah vulva ke bagian anus. Tehnik ini akan membuat bakteri yang menempel di sepanjang vulva sampai anus bisa hilang. Sebab bagian-bagian seperti inilah yang cenderung banyak bakteri, jamur, dan bahkan virusnya.

Perempuan juga harus menjaga kelembaban organ intimnya, karena kelembaban akan sangat mempengaruhi kadar pH dalam organ intimnya. Adapun kadar pH yang ideal untuk organ kewanitaan tersebut adalah 3,5.

Menggunakan pembalut yang tepat dapat menghindari keputihan

Pembalut merupakan salah satu media atau alat yang dipakai oleh wanita untuk menahan darah menstruasinya. Pemilihan pembalut yang tepat juga sangat berguna untuk mengatasi keputihan dengan cepat.  Pilihlah pembalut yang lembut dan mudah menyerap keringat ataupun cairan keputihan. Dianjurkan agar selalu mengganti pembalut tersebut setiap satu hari sekali, terutama setelah pembalut sudah banyak menyerap cairan.

Tidur secara teratur dapat mengatasi keputihan

Tidur merupakan salah satu aktivitas manusia yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Karena pada saat tidurlah, semua organ tubuh dapat beristirahat. Tidur juga merupakan salah satu cara untuk mengobati keputihan. Dengan terpenuhinya waktu tidur, maka sistem hormon dalam tubuh akan bekerja dengan lebih baik, akibatnya penyakit keputihan dapat sembuh dengan sendirinya.

Seks bebas dapat menyebabkan keputihan

Seks atau pemenuhan kebutuhan biologis harus disalurkan kepada pasangan yang sah, artinya tidak dilakukan dengan berganti-ganti pasangan. Karena selain hal ini berdosa, juga akan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Diantaranya adalah virus HIV dan AIDS, kanker serviks, kemandulan dan juga keputihan. Oleh karena itu, janganlah coba-coba untuk berperilaku seks bebas, karena dampaknya akan fatal.

Kondisi stress bisa menyebabkan keputihan

Mungkin ada yang bertanya mengapa stres bisa menyebabkan keputihan. Hal ini jelas sangat berhubungan, karena stres itu merupakan kondisi kejiwaan seseorang yang sedang tidak stabil, dan sedang berada dalam tekanan berat. Dalam keadaan ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan jasmani, termasuk dalam hal ini menyebabkan keputihan. Oleh karena itu seorang perempuan harus bisa menjaga kondisi kejiwaannya agar tidak terserang stres.

Dengan stres, sistem hormon dalam tubuh tidak akan bekerja secara maksimal, bahkan bisa jadi hormon tersebut mengalami gangguan. Maka dari itu hindari stres agar Anda dapat mengobati keputihan.

Mengobati keputihan dengan memakai celana yang baik

Cara mengatasi keputihan secara alami adalah dengan mengenakan celana yang baik. Celana baik adalah celana yang mampu membuat organ kewanitaan bisa bernapas dengan bebas, seperti celana longgar misalnya. Sebab celana yang ketat akan mengakibatkan organ kewanitaan sulit bernapas, sehingga nantinya keputihan akan semakin parah.

Baik celana dalam ataupun celana luar pilihlah yang berbahan lentur/melar dan mudah menyerap keringat. salah satu bahan yang bisa Anda pilih adalah katun. Karena bahan katun selain mudah menyerap keringat, bahan tersebut juga mampu menjaga kelembaban organ intim wanita.

Mengobati keputihan dengan berolahraga secara rutin

Olahraga sangatlah baik untuk mengobati penyakit keputihan, sebab dengan olahraga, hormon dalam tubuh akan bekerja secara optimal. Berolahraga secara rutin akan membuat kuman dan bakteri tidak mampu berkembang biak.

Loading...