Penerapan Alkana, Alkena, dan Alkuna dalam Kehidupan Sehari-Hari

Hidrokarbon merupakan suatu senyawa yang terdiri atas dua unsur. Unsur-unsur tersebut adalah unsur hidrogen dan unsur karbon. Kedua unsur ini bergabung, lalu bersenyawa menjadi suatu senyawa hidrokarbon.

Pada dasarnya, senyawa hidrokarbon dapat diklasifikasikan menjadi berbagai macam dan jenis. Klasifikasi tersebut tergantung dari beberapa hal. Namun secara umum, senyawa hidrokarbon ini dibagi menjadi dua golongan, yakni golongan hidrokarbon aromatik yaitu benzena dan turunannya, dan hidrokarbon alfatik.

Contoh hidrokarbon alfatik adalah alkana , alkena, maupun alkuna. Hidrokarbon alfatik ini merupakan senyawa hidrokarbon yang paling banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Senyawa hidrokarbon alkana, alkena, maupun alkuna merupakan senyawa hidrokarbon yang dibedakan berdasarkan ikatan yang terdapat dalam golongannya.

Seperti, pada alkana, hanya terdapat satu ikatan, atau biasa juga di sebut dengan istilah ikatan tunggal. Lalu, pada alkena, terdapat ikatan rangkap dua. Dan yang terakhir pada alkuna, terdapat suatu ikatan rangkap tiga.

Walaupun memiliki ikatan yang berbeda-beda, namun ketiga golongan ini memiliki manfaat yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari manusia. Berikut merupakan contoh dari alkana, alkena, maupun alkuna yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Contoh Alkana yang Bermanfaat Bagi Kehidupan Sehari-hari

Pada umumnya, alkana banyak digunakan sebagai bahan bakar maupun bahan baku pada suatu industri petrokimia. Alkana memiliki banyak macam, diantaranya adalah metana yang berfungsi sebagai bahan baku dalam pembuatan suatu zat kimia seperti NH3 maupun H2.

Selain itu, metana juga bermanfaat sebagai bahan bakar untuk memasak. Lalu, ada oktana. Bagi Anda yang memiliki kendaraan sepeda motor, sesungguhnya bahan bakar yang Anda gunakan merupakan salah satu contoh dari manfaat alkana dalam kehidupan sehari-hari, yakni sebagai bahan bakar kendaraan bermotor yaitu bensin.

Contoh Alkena yang Bermanfaat Bagi Kehidupan Sehari-hari

Setelah alkana, ada alkena. Alkena juga memiliki banyak macam, diantaranya adalah etena yang sering dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan plastik polietena. Tak hanya plastik polietena, alkena juga berguna dalam pembuatan plastik yang nantinya akan digunakan menjadi sebuah kursi plastik.

Contoh Alkuna yang Bermanfaat Bagi Kehidupan Sehari-hari

Lalu, yang terakhir adalah alkuna. Jika alkuna dibakar, ia akan menghasilkan suhu yang sangat tinggi. Dengan tingginya suhu ini, maka alkuna dapat digunakan untuk mengelas maupun memotong logam.

Loading...

Artikel terkait lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *