Pengertian periferal dan contohnya

Atau disebut sebagai perangkat bantu, periferal adalah perangkat input perangkat keras atau perangkat output yang memberikan fungsionalitas tambahan pada komputer. Namun, perangkat periferal tidak penting bagi komputer untuk melakukan tugas dasarnya; mereka dapat dianggap sebagai peningkatan pengalaman pengguna.

Contoh perangkat periferal komputer

Di bawah ini adalah contoh periferal komputer yang dapat digunakan dengan komputer. Tidak satu pun dari perangkat ini yang diperlukan oleh komputer tetapi memberikan kemampuan tambahan pada komputer. Sebagai contoh, kartu suara memberi komputer untuk memutar suara dan meskipun mungkin membosankan untuk memiliki komputer tanpa suara atau musik, komputer masih akan berfungsi tanpa itu.

  1. Kamera digital dan camcorder digital.
  2. Joystick
  3. Keyboard
  4. Mikropon
  5. Mouse
  6. Monitor, layar sentuh, proyektor, atau perangkat layar lainnya.
  7. Printer
  8. Plotter
  9. Pemindai
  10. Kartu suara
  11. Pembicara
  12. Proyektor
  13. Tape drive

Catatan

Berbeda dengan komputer, periferal tidak mampu beroperasi sendiri dan bergantung pada komputer untuk berfungsi dengan baik.

Mengapa keyboard dan mouse merupakan perangkat periferal ?

Banyak pengguna komputer terkejut mengetahui bahwa komputer dapat berjalan tanpa keyboard dan mouse. Kedua perangkat ini tidak diperlukan untuk menjalankan komputer, itulah sebabnya mereka dianggap periferal. Bahkan, banyak server di pusat data tidak memiliki keyboard atau mouse dan sering dikelola dari jarak jauh.

periferal

periferal

Perangkat periferal apa yang disertakan dengan komputer?

Ketika Anda membeli komputer desktop baru, ia dilengkapi dengan keyboard, mouse, kartu suara, colokan listrik, dan mungkin juga termasuk monitor. Komputer laptop mencakup semuanya, jadi itu hanya termasuk kabel listrik.

Loading...