penyakit kulit dapat disembuhkan dengan puasa

Puasa sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit, karena puasa mengurangi kadar air dalam darah sehingga kadar air pada jaringan kulit pun berkurang. Keadaan tersebut menyebabkan berbagai hal, diantaranya adalah:

  • Meningkatnya pertahanan kulit dan perlawanannya terhadap mikroba dan bakteri.
  • Berkurangnya kemungkinan penyebaran penyakit kulit dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lain, misalnya gatal-gatal.
  • Mengurangi gejala penyakit alergi serta mengurangi penumpukan lemak pada jaringan kulit.
  • Berkurangnya zat-zat beracun dalam tubuh sehingga mengurangi risiko enzimosis, yang menyebabkan luka tetap basah dan bernanah.

Beberapa macam penyakit kulit, termasuk alergi, sering kali disebabkan oleh gangguan pada fungsi pencernaan dan metabolisme, terutama sekresi berbagai zat di dalam sistem pencernaan. Ketika seseorang berpuasa, menahan dari makan dan minum selama beberapa waktu, sistem pencernaan dan sekresinya akan bekerja dengann baik, begitu pula proses penyerapan berbagai zat yang dibutuhkan sel akan berjalan lancar.

Sistem kekebalan tubuh akan mengusir dan melindungi tubuh dari berbagai materi asing sehingga ia terbebas dari penyakit alergi, baik alergi kulit, maupun alergi pernafasan dan penglihatan. Oleh karena itu, puasa sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit karena penyakit kulit menyebar dengan cepat pada jaringan kulit yang mengandung terlalu banyak air dan cairan lain seperti minyak.

Ketika kandungan minyak pada jaringan kulit berkurang karena puasa, kulit akan terlindung dari penyakit eksim yang sering kali menyerang banyak bagian tubuh dan menyebar dengan cepat, begitu pula penyakit-penyakit kulit lain seperti bisul dan jerawat dengan syarat kita mengurangi kadar garam dalam makanan yang dikonsumsi.

Loading...