Peranan Amphibia Bagi Ekosistem dan Manusia

Dais Suryani~ /Biologi

Amphibi merupakan sebutan bagi hewan yang dapat bertahan di hidup di air dan di darat. Salah satu jenis amphibi adalah hewan katak yang bisa hidup di dua habitat sekaligus yaitu darat dan air. Setiap makhluk hidup yang diciptakan di bumi ini tentu memiliki tugas dan peranan masing-masing dalam kehidupan.

Seperti contohnya tumbuhan yang merupakan sumber makanan dan oksigen bagi makhluk hidup lain yaitu manusia dan juga hewan. Sedangkan hewan berbagai macam jenis juga memiliki peranannya masing-masing.

Peranan Amphibia Terhadap Kehidupan Manusia

Sekarang kita akan bahas beberapa peranan dari hewan amphibia ini terhadap kehidupan manusia dan lingkungan sekitarnya. Peran yang pertama adalah sebagai makanan. Makhluk hidup yang ada di bumi ini banyak sekali macamnya dan semuanya terikat oleh adanya rantai makanan.

Untuk itu, keseimbangan ekosistem haruslah dijaga, karena jika rantai makanan tidak berjalan dengan baik, maka kehidupan lainnya juga akan berpengaruh. Amphibi sendiri merupakan salah satu makanan bagi para reptil seperti ular dan juga kura-kura.

Tapi tentu saja sebelum mereka berakhir menjadi makanan, amphibia juga merupakan pemakan mammalia dan reptil yang lebih kecil ukurannya seperti ikan, serangga, cacing, dan bahkan anthropoda.

Peranan lainnya amphibi bagi ekosistem adalah sebagai bahan percobaan dalam penelitian. Katak seringkali dijadikan sebagai objek penelitian oleh para ilmuwan. Amphibi juga sering digunakan untuk mencoba sebuah penemuan baru dalam dunia teknologi.

Loading...

Bahkan amphibi terkadang dijadikan makanan oleh manusia contohnya katak. Sebenarnya makhluk memiliki peranananya masing-masing bermanfaat untuk ekosistem. Jika tidak ada amphibi, maka hewan yang jadi mangsanya akan berkembang biak melampaui jumlah yang seharusnya ada di ekositem.

Hal tersebut tentu akan mengganggu ekosistem dan kehidupan makhluk hidup lainnya seperti tanaman dan hewan kecil lainnya. Jadi itulah beberapa peranan dari amphibia bagi ekosistem yang ada di bumi.

Setelah menjadi pemakan hewan yang lebih kecil, amphibi akan dimakan oleh predator yang lebih besar, dan predator tersebut juga akan jadi mangsa bagi predator yang lebih besar lagi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *