Perbedaan antara habitat dan niche

Perbedaan utama antara habitat dan ceruk adalah bahwa habitat adalah ruang khusus di lingkungan tempat organisme hidup, sedangkan ceruk adalah peran organisme dalam lingkungan. Setiap organisme di alam semesta ini memiliki peran spesifik untuk dimainkan dalam ekosistem ini. Setiap organisme memiliki tempat khusus untuk hidup, fungsi spesifik untuk melakukan dan cara-cara spesifik untuk bereproduksi.

Ekologi adalah cabang biologi yang berkaitan dengan studi tentang hubungan organisme hidup dengan lingkungannya. Untuk mempelajari tentang ekologi, kita harus mengetahui dua istilah dasarnya, yaitu habitat dan niche. Ada garis perbedaan yang jelas antara habitat dan niche.

Perbedaan antara habitat dan niche

Perbedaan antara habitat dan niche

Habitat adalah tempat di lingkungan tempat organisme hidup sedangkan niche atau ceruk adalah peran yang dimainkan organisme di lingkungannya. Habitat adalah area di ekosistem tempat organisme menemukan makanan, tempat berteduh, dan berkembang biak, dll. Sedangkan ceruk adalah bagaimana seseorang menemukan makanannya dan bagaimana memanfaatkan sumber daya yang tersedia, dll. Habitat dapat mendukung sejumlah spesies sedangkan niche hanya mendukung satu spesies jenis.

Apa yang dimaksud dengan Habitat?

Habitat berasal dari kata Latin yang berarti “menghuni”. Habitat adalah area ekologis di mana spesies tanaman, hewan, atau organisme jenis lain hidup. Istilah ini sebenarnya mengacu pada zona di mana suatu organisme menemukan makanan, tempat tinggal, pasangan untuk reproduksi dan perlindungan dll. Setiap organisme memiliki habitat spesifiknya. Ini bervariasi dari organisme ke organisme sesuai dengan kebutuhan harian mereka.

Beberapa organisme dapat bertahan hidup di habitat yang fleksibel sementara yang lain memiliki habitat yang sangat spesifik. Mereka tidak dapat bertahan hidup tanpa habitat spesifik mereka. Jadi, ini berarti bahwa habitat dapat mendukung banyak spesies. Perusakan habitat saat ini adalah masalah besar. Manusia menghancurkan habitat berbagai tanaman dan hewan untuk kesejahteraan mereka sendiri.

Apa itu yang dimaksud dengan niche?

Niche berasal dari kata Latin “nidus” yang berarti “sarang”. niche dalam istilah ekologis yang menggambarkan peran spesies atau organisme dalam lingkungannya. Ini menggambarkan bahwa bagaimana suatu organisme merespons sumber daya yang tersedia dan pesaing mereka di lingkungan. Sebuah niche mencakup apa yang dimakan organisme dan bagaimana berinteraksi dengan komponen biotik (organisme hidup lainnya) dan abiotik (iklim dan cuaca dll.). Ini adalah efek dari suatu organisme terhadap lingkungannya. Setiap spesies memiliki ceruk spesifik, tetapi mungkin memiliki jenis niche yang berbeda pada tahap kehidupan yang berbeda.

Perbandingan antara habitat dan niche

Basis Habitat Niche
Definisi Tempat di lingkungan tempat organisme hidup disebut habitatnya. Peran suatu organisme dalam lingkungannya disebut niche.
Efek Habitat berkaitan dengan efek lingkungan terhadap organisme. Ceruk berurusan dengan efek individu pada organisme.
Perubahan Spesies tidak mengubah habitatnya. Suatu spesies dapat hidup dalam berbagai jenis ceruk dalam tahap kehidupannya yang berbeda.
Dukungan Habitat mendukung berbagai spesies. Ceruk mendukung satu spesies.
Fungsi Ini adalah zona di lingkungan yang menyediakan makanan, tempat berlindung, perlindungan dan pasangan untuk reproduksi organisme. Ini termasuk interaksi organisme dengan komponen lingkungan hidup dan tidak hidup.
Komponen Habitat terdiri dari beberapa relung. Relung tidak mengandung komponen apa pun.
Alami Itu adalah tempat fisik. Ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh organisme hidup.

Perbedaan utama

  1. Habitat adalah ruang itu dalam suatu lingkungan di mana organisme hidup sementara niche adalah peran suatu spesies dalam lingkungannya.
  2. Habitat adalah zona di mana seseorang menemukan makanan, tempat tinggal, perlindungan, dan pasangannya untuk reproduksi sedangkan ceruk adalah pekerjaan atau interaksi organisme dengan lingkungannya.
  3. Habitat dapat mendukung banyak spesies sementara niche mendukung satu spesies.
  4. Habitat adalah efek lingkungan terhadap suatu organisme sedangkan niche adalah efek suatu organisme terhadap lingkungannya.
  5. Spesies tidak mengubah habitatnya sementara spesies mungkin memiliki tipe niche yang berbeda dalam tahap kehidupannya yang berbeda.
  6. Habitat mewakili tempat fisik sementara niche mewakili aktivitas yang dilakukan oleh organisme hidup.

Kesimpulan

Dari diskusi di atas, disimpulkan bahwa habitat adalah zona ekologis dari suatu organisme di lingkungan di mana ia menemukan makanan, tempat tinggal, perlindungan dan pasangannya untuk reproduksi sedangkan ceruk adalah peran atau interaksi suatu organisme dengan komponen biotik dan abiotik. dari lingkungannya.