Pertumbuhan Sekunder Pada Akar dan Batang

Pengertian Pertumbuhan Primer dan Pertumbuhan Sekunder

Pertumbuhan dalam tumbuhan memiliki dua jenis, yakni pertumbuhan primer dan juga pertumbuhan sekunder. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Pertumbuhan primer merupakan proses pembelahan sel pada jaringan primer atau akibat adanya meristem primer yang terletak pada daerah titik timbul primer di sekitar ujung batang dan ujung akar.

Sedangkan pertumbuhan sekunder adalah proses pembelahan sel pada jaringan sekunder yang terdapat pada tumbuhan atau akibat adanya meristem sekunder. Jaringan sekunder tersebut tergantung juga pada jenis tumbuhannya, apakah dikotil ataukah monokotil.

Pertumbuhan Sekunder yang Terjadi Pada Akar dan Batang

Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas mengenai pertumbuhan sekunder yang terjadi pada akar? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasannya di bawah ini. Pada tumbuhan dikotil jaringan sekunder yang terbentuk adalah berupa kambium gabus.

Sedangkan pada tumbuhan monokotil, jaringan yang terbentuk adalah pertambahan diameter dalam batang, yakni bisa berupa tumbuhan jenis palem-paleman.  Pada umumnya, pertumbuhan yang sering adalah pertumbuhan sekunder pada tumbuhan dikotil dengan berupa kambium gabus.

Kambium menurut pendapat berbagai orang yang tidak tahu kebenarannya adalah bisa membelah diri. Sel yang terbelah tersebut membelah menuju arah luar dan arah dalam yang mana akan membentuk jaringan xilem dan jaringan floem.

Kedua jaringan ini kemudian disebut dengan jaringan pengangukut.  Jika kambium tersebut membelah ke arah dalam, maka akan terbentuklah jaringan xylem. Sedangkan jika kambiumnya membelah ke arah luar maka akan terbetuklah floem.

Kedua jaringan pengangkut ini nantinya akan membentuk suatu lingkaran yang ada di batang dan akar tumbuhan. Namun besar kecilnya xylem dan folem yang dihasilkan, tentu juga sangat berpengaruh terhadap cuaca yang ada pada saat itu.

Inilah sedikit ulasan dan penjelasan singkat mengenai pertumbuhan sekunder yang terjadi pada akar dan batang tumbuhan. Sangat bermanfaat bukan? semoga dengan adanya artikel tentang tumbuhan ini sangat memberikan informasi dan pengetahuan untuk anda, khususnya dalam bidang biologi serta yang menyangkut tentang tumbuhan.

Jadi jika anda menyukai tumbuhan ataupun dengan segala struktur bagiannya, artikel ini sangat cocok dan sangat recommended untuk anda.

Loading...

Artikel terkait lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *