puasa dapat menyembuhkan hipertensi

Hipertensi merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah ketika tekanan darah terlalu tinggi sehingga menyebabkan kelelahan pada jantung yang memompa darah dengan cepat. Keadaan itu juga dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Puasa memiliki peran penting untuk menjaga keseimbangan tekanan  darah agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Makan secara berlebihan, terutama makana yang banyak mengandung lemak hewani akan mempengaruhi kadar kolesterol dan lemak dalam darah. Peningkatan kadar kedua materi itu akan berpengaruh terhadap kondisi pembuluh darah, karena lemak dan kolesterol akan mengendap pada dinding pembuluh darah dan kemudian menghambat laju aliran darah ke semua bagian tubuh. Jadi, makan berlebihan akan menyebabkan banyak gangguan pada jantung dan pembuluh darah.

Sebaliknya, mengurangi makanan atau berpuasa akan mengurangi pengendapan kolesterol dan lemak dalam darah. Puasa dapat melindungi tubuh dari kemungkinan penyumbatan pembuluh darah. Puasa juga memberi masa istirahat bagi jantung selama beberapa waktu dari pekerjaannya yang berat. Selain itu, perut yang dipenuhi makanan akan menyebabkan penyempitan pada rongga dada sehingga ruang gerak untuk jantung dan paru-paru semakin terbatas.

Pengaruh puasa terhadap keseimbangan tekanan darah diakibatkan oleh beberapa sebab, yaitu:

  • Ketenangan jiwa dan kedamaian hati selama berpuasa. Keadaan ini mengurangi produksi hormon amarah, kegelisahan, dan kecemasan yang sering kali menjadi sebab penyempitan pembuluh darah dan meningkatnya denyut jantung.
  • Ketika kita berpuasa selama sepuluh jam atau lebih seraya melaksanakan ibadah lain, tubuh akan mempergunakan cadangan lemak dalam darah sebagai ganti glukosa untuk sumber energinya. Pemakaian lemak sebagai sumber energi ini akan mengurangi pengendapan lemak dalam darah.
  • Puasa dan kebiasaan makan tidak berlebihan merupakan cara paling baik untuk menurunkan berat badan yang pada gilirannya akan mengurangi beban kerja jantung, dan melindungi tubuh dari serangan jantung.
  • Berkurangnya cairan tubuh ketika puasa ramadhan akan membantu fungsi ginjal. Sama halnya, menurunnya tekanan darah akan membantu fungsi jantung untuk mengalirkan darah ke semua bagian tubuh.
  • Puasa juga dapat menjadi langkah awal yang sangat bagus untuk mengurangi bahkan mengehentikan kebiasaan merokok.
Loading...