Sebutkan 10 perbedaan histologi dan sitologi

Yang paling vital perbedaan histologi dan sitologi yang utama adalah histologi adalah analisis komposisi kimia, bangunan mikroskopis dan bagaimana strategi jaringan atau jaringan hewan atau tumbuhan bekerja. Di sisi lain, sitologi adalah semata-mata hanya analisis sel setiap hewan dan tanaman.

Pengertian Histologi

Histologi adalah penyelidikan logis dari sel-sel murni murni dan jaringan yang memanfaatkan lensa pembesar untuk melihat contoh jaringan yang telah diatur secara tepat menggunakan prosedur khusus yang dikenal sebagai “strategi histologis.”

Ini adalah sistem yang dasar untuk pemahaman dan pertumbuhan ilmu pengetahuan, obat, resep dokter hewan dan banyak sub-rangakain dalam mata pelajaran logis ini. Biasanya dilakukan dengan memeriksa sel-sel dan jaringan di bawah lensa pembesar yang ringan atau lensa pembesar elektron, pada bagian yang telah tersegmentasi, berubah warna, dan dipasang pada slide instrumen pembesar.

Analisis histologis mungkin diarahkan menggunakan kebiasaan jaringan, tempat sel manusia atau makhluk dipisahkan dan disimpan dalam ruang simulasi untuk berbagai usaha evaluasi.

Fungsionalitas untuk menggambar atau membedakan bangunan infinitesimal secara berbeda jauh lebih banyak menggunakan pewarnaan histologis. Histologi adalah mesin dasar sains dan resep.

Pengertian Sitologi

Frasa sitologi diperoleh dari frasa Yunani “kytos,” yang menandakan “wadah.” Sel terdiri dari banyak komponen (yang mungkin dikenal sebagai organel), yang masing-masing memiliki kapasitas untuk bertahan.

Beberapa jenis organel dapat ada di semua sel, meskipun demikian, karena pada dasarnya mungkin sebagian besar, bentuk dan jumlah organel dalam sel dikenali dengan jenis jaringan yang selnya sedikit – dan kapasitas yang Performa jaringan terkandung dalam jenis kehidupan.

Ini sangat penting karena cukup banyak kondisi obat dan infeksi dianalisis dengan pemeriksaan sel menggunakan lensa pembesar. Tampilan sel memberikan data analisis jantung koroner terapeutik sehubungan dengan jenis keadaan dan itu menggembirakan.

Data ini kemudian digunakan untuk meresepkan dan mendalangi pemulihan yang berlaku untuk memengaruhi pemulihan yang paling cepat dipikirkan orang yang terkena dampak.

Kemajuan obat juga dapat diperiksa menggunakan sitologi, yaitu pemeriksaan sel ekstra untuk mengukur pencapaian strategi, pemulihan, atau metodologi yang sama sekali berbeda yang digunakan.

Tabel Perbedaan sitologi dan histologi yang utama adalah sebagai berikut:

Dasar Pembedaan Histologi Sitologi
Definisi Studi bangunan mikroskopis dan komposisi kimia strategis jaringan Studi bangunan dan kemampuan sel
Cakupan Luas Relatif sedikit
Slide persiapan Lima Tidak ditentukan
Batasan Bekerja lebih baik untuk rincian konstruksi jaringan Bekerja lebih baik untuk keterangan seluler
Biaya penyelidikan Tinggi Rendah
Ketergantungan Membuat pada slide dan sampel Namun, membuat sampel pribadi juga tergantung pada karya ahli histoteknik atau histoteknologi.
  1. Histologi adalah analisis akhir dari anatomi mikroskopis sel dan jaringan sedangkan sitologi adalah analisis langsung sel semata-mata.
  2. Histologi memiliki fokus eksplisit tambahan dibandingkan dengan sitologi.
  3. Histologi melihat sampel jaringan dan biasanya dapat memutuskan jenis jaringan apa yang Anda lihat. Sitologi menganalisis sel-sel dari cairan untuk mewujudkan wawasan sehubungan dengan cairan dari apa yang dilihat.
  4. Kelima stan yang terlibat selama persiapan slide histologi adalah pemasangan, pemrosesan, pemasangan, pemotongan, dan pewarnaan. Sementara sitologi tidak memiliki klasifikasi fase seperti itu untuk persiapan slide sitologi.
  5. Histologi membahas konstruksi jaringan dari suatu jaringan tertentu sedangkan sitologi hanya membahas area seluler.
  6. Karena histologi melibatkan persiapan 5 slide, maka biaya untuk analisis histologis lebih tinggi daripada sitologi.
  7. Sitologi memberikan keterangan seluler yang sempurna dibandingkan dengan pengamatan histologis.
  8. Jaringan khusus mungkin lebih besar ditemukan sepanjang histologi semata-mata.
  9. Teknisi histologi memiliki pengajaran intensif tambahan daripada teknisi sitologi
  10. Teknisi histologi menggunakan berbagai metode untuk membuat slide yang dapat digunakan, bersama dengan mengeringkan jaringan atau menggunakan perantara pewarnaan untuk menodai jaringan dan membuat bangunan mereka lebih terlihat. Ahli sitoteknologi mampu menyiapkan slide mereka dari sampel jaringan.
    Teknisi histologi bekerja secara independen, namun sitoteknolog dapat melihat slide yang disiapkan oleh ahli histologi.
Loading...
Sebutkan 10 perbedaan histologi dan sitologi

Yang paling vital perbedaan histologi dan sitologi yang utama adalah histologi adalah analisis komposisi kimia, bangunan mikroskopis dan bagaimana strategi

Editor's Rating:
5