Sebutkan 7 Perbedaan arteri dan vena secara singkat

Arteri dan Vena keduanya adalah pembuluh darah yang mempunyai perbedaan mendasar baik dari segi tampial atau fungsi. Arteri dan Vena adalah dua jenis pembuluh darah yang membantu membawa darah ke dalam tubuh. Keduanya merupakan bagian dari sistem peredaran darah, yang bertanggung jawab atas sirkulasi darah di dalam tubuh.

Sistem sirkulasi adalah salah satu sistem terpenting di dalam tubuh, tanpa itu tidak akan ada sirkulasi darah, tubuh tidak akan bisa mendapatkan oksigen dan nutrisi ke berbagai bagian tubuh, atau mengeluarkan produk limbah seperti karbon dioksida keluar dari tubuh.

arteri dan vena
arteri dan vena

Fungsi

Sistem peredaran darah terdiri dari jantung, arteri, vena dan pembuluh darah lainnya, serta darah. Arteri dan vena terutama berfungsi untuk mensirkulasi dan mengangkut nutrisi, seperti asam amino dan elektrolit, serta oksigen, karbon dioksida, hormon, dan sel darah ke dan dari sel-sel dalam tubuh. Ini memberikan nutrisi kepada sel dan memungkinkan mereka untuk melawan penyakit, menstabilkan suhu dan pH, dan mempertahankan homeostasis. Namun, arteri dan vena melayani tujuan yang sedikit berbeda.

Arah aliran darah

Perbedaan utama antara arteri dan vena adalah arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah menjauh dari jantung, sedangkan vena adalah pembuluh darah yang membawa darah ke jantung. Pikirkan mereka sebagai jalan satu arah, arteri mengarah dari jantung ke sel, sedangkan vena mengarah dari sel kembali ke jantung.

Jenis darah

Kebanyakan arteri membawa darah beroksigen, yaitu darah yang mengandung oksigen dan nutrisi penting lainnya dari jantung ke bagian lain, kecuali arteri pulmonal dan umbilikalis yang membawa darah terdeoksigenasi. Arteri pulmonal membawa darah terdeoksigenasi dari jantung ke paru-paru, sedangkan arteri umbilikalis memasok darah terdeoksigenasi dari janin ke plasenta.

Sebagai perbandingan, sebagian besar vena membawa darah terdeoksigenasi dari jaringan kembali ke jantung, kecuali vena pulmonal dan umbilikalis. Vena pulmonal membawa darah beroksigen ke jantung, sedangkan vena umbilical membawa darah beroksigen dari plasenta ke janin yang sedang tumbuh.

Tampilan warna

Selain itu, perbedaan visual antara mereka adalah arteri tampak merah karena darah yang mengandung oksigen yang mereka bawa, sedangkan vena sering tampak biru karena cara darah terdefinisiasikan membiaskan cahaya. Arteri juga cenderung berada lebih dalam di dalam tubuh, sedangkan vena sering berada lebih dekat ke permukaan kulit.

Dinding

Arteri sering memiliki lapisan otot elastis yang tebal yang dapat menangani tekanan tinggi dari darah yang mengalir melalui arteri. Itu juga karena ini arteri cenderung memiliki dinding tebal. Vena, di sisi lain, cenderung memiliki lapisan otot tipis dan elastis dengan katup semilunar yang mencegah darah mengalir ke arah yang berlawanan.

Katup

Baik Arteri dan Vena bergabung di tempat-tempat melalui kapiler yang mana darah diserap oleh sel kemudian ditransfer dari arteri ke pembuluh darah untuk kembali ke jantung.

Perbandingan antara Arteri dan Vena:

Arteri vena
Aliran Membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh Membawa darah dari bagian tubuh kembali ke jantung
Jenis darah Sebagian besar membawa darah beroksigen Sebagian besar membawa darah yang terdeoksigenasi
Warna tampak merah karena darah beroksigen tampak biru karena darah terdeoksigenasi
Anatomi Lapisan otot elastis yang tebal yang dapat menangani tekanan tinggi dari darah yang mengalir melalui arteri. Lapisan otot tipis dan elastis dengan katup semilunar yang mencegah darah mengalir ke arah yang berlawanan.
Lokasi Lebih dalam di tubuh Lebih dekat ke permukaan kulit
Katup Tidak ada (kecuali untuk katup semi-lunar) Ada, terutama pada anggota badan
Dinding Lebih kaku Dinding yang bisa dilipat

 

Loading...

Artikel terkait lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *