Tabel 17 Perbedaan Antara Monera dan Protista

Monera adalah organisme uniseluler, mereka memiliki organisasi seluler prokariotik, yang berarti mereka tidak memiliki organel dan nukleus yang dibatasi membran dengan jelas. Di sisi lain, Protista juga merupakan organisme uniseluler, tetapi terdiri dari organisasi seluler eukariotik dan organel dan nukleus yang dibatasi membran, ini adalah perbedaan utama di antara mereka.

Semua bentuk kehidupan di bumi dibagi menjadi lima kategori berdasarkan dukungan nutrisi dan energi yang mereka peroleh, jenis sel (sel tunggal atau multi-sel), kompleksitas struktural, dll. Kelima kingdom tersebut adalah Monera, Protista, Jamur, Plantae , dan Animalia. Monera adalah jenis organisme yang paling primitif yang meliputi ganggang biru-hijau (cyanobacteria), eubacteria dan archaebacteria. Sedangkan Protista mewakili evolusi awal sel eukariotik. Diberikan di bawah ini adalah perbedaan utama antara Monera dan Protista, serta deskripsi singkat tentang mereka:

Definisi Monera

Seperti dikatakan di atas, ini adalah organisme prokariotik uniseluler yang kurang memiliki organel dan nukleus yang terdefinisi dengan baik. Tetapi ini banyak ditemukan di antara semua jenis organisme yang ada di bumi, karena kemampuan beradaptasi mereka di semua jenis habitat. Diperkirakan bahwa setetes air mengandung sekitar 50 miliar bakteri. Mereka ditemukan dalam kehidupan maupun di lingkungan yang tidak hidup.

Mereka memiliki peran vital dalam siklus nitrogen dan karbon. Mereka bereproduksi melalui reproduksi aseksual, dengan pembelahan biner, tunas atau fragmentasi. DNA beruntai ganda, tersuspensi dalam sitoplasma sel organisme yang disebut nukleoid. Ini aktif secara metabolik dan menggunakan berbagai zat untuk mendapatkan energi. Dinding selnya kaku.

Karena kemampuan mereka untuk bertahan hidup dalam kondisi iklim yang keras dan ekstrim seperti di gurun, sumber air panas, tanah masam, dll., kingdom ini hadir di mana-mana. Mereka dapat bersifat autotrofik, heterotrofik, saprofit, simbiosis, komensalismeatau parasit.

Ranah kingdom monera adalah Cyanobacteria, Eubacteria, dan Archaebacteria, Mycoplasma, dll. Sirkulasi monera adalah melalui proses difusi dan pergerakannya melalui flagela. Mereka bereproduksi secara generatif (transformasi, konjugasi, atau transduksi) atau aseksual (dengan pembelahan biner).

Cyanobacteria-Mereka juga disebut ganggang biru-hijau. Mereka adalah prokariota fotosintesis. Cyanobacteria ditemukan di semua jenis habitat akuatik langsung dari air tawar hingga lautan.

Eubacteria-Ini adalah dua jenis bakteri gram positif dan gram negatif. Dinding sel mereka terdiri dari peptidoglikan dan murin, yang merupakan sejenis karbohidrat. Mereka ditemukan di mana-mana yang termasuk air, tanah, atau pada organisme besar.

Archaebacteria: Archaebacteria dianggap sebagai jenis bakteri yang paling primitif dan dikatakan berevolusi setelah kehidupan pertama di bumi. Mereka biasanya hidup di lingkungan yang ekstrem seperti danau garam, tanah rawa, lautan dan sumber air panas. Mereka terdiri dari tiga jenis halofil, termofil, dan metanogen.

Peranan Ekonomi Monera (bakteri)

  1. Mereka digunakan dalam proses fermentasi di industri.
  2. Digunakan dalam proses bioremediasi.
  3. Digunakan sebagai pestisida dalam mekanisme pengendalian hama.
  4. Dalam membuat protein terapi.
  5. Persiapan obat-obatan.

Definisi Protista

Protista dianggap sebagai pendahulu tanaman, jamur, dan hewan. Pada tahun 1866, Ernst Haeckel menggunakan kata Protista untuk pertama kalinya. Protista dikatakan sebagai bentuk kehidupan eukariotik pertama. Jadi mereka memiliki inti yang jelas dan organel yang terikat membran.

Protista adalah kelompok besar, terdiri dari sekitar 16 filum. Anggota maksimum dari kategori ini adalah akuatik. Beberapa dari mereka bertanggung jawab untuk menyebabkan penyakit manusia yang serius seperti penyakit tidur dan malaria.

Ini adalah organisme eukariotik paling sederhana. Sebagian besar hidup di wilayah perairan, tanah yang lembab atau di dalam tubuh tanaman dan manusia. Mereka memiliki mitokondria untuk respirasi sel, sementara beberapa mengandung kloroplas untuk fotosintesis. Inti memiliki beberapa untai DNA.

Gerakan mereka melalui flagela atau silia. Cara nutrisi mereka bisa autotrofik atau heterotrofik. Protista mereproduksi baik secara seksual atau aseksual melalui mitosis atau meiosis. Ganggang hijau, ganggang merah, ganggang coklat, jamur air, dinoflagellate, amuba adalah beberapa contoh protista.

Peranan Ekonomi Protista

  1. Sumber obat – sebagai senyawa anti kanker, pembekuan darah.
  2. Sumber makanan – digunakan sebagai edibles.
  3. Sumber produk komersial – Mereka adalah produsen antiseptik, agar, karagenan, algin.
  4. Bermanfaat dalam penelitian biologi.
  5. Sumber mineral – Mereka adalah sumber mineral yang baik.

Tabel Perbedaan Antara Monera dan Protista

Perbedaan Monera Protista
Tingkat sel Monera adalah organisme uniseluler yang memiliki struktur seluler prokariotik. Protista juga organisme uniseluler melalui memiliki organisasi seluler eukariotik.
Organel lain Tidak memiliki organel lain Organel seluler yang dibatasi membran juga ada.
Kompleksitas Monera sederhana dalam struktur, tanpa kerumitan. Protista rumit dalam strukturnya.
Ukuran Organisme kecil Organisme lebih besar dari monera
Mitokondria/kroloplas Tidak Hadir untuk respirasi sel, kloroplas untuk fotosintesis.
Dinding sel Ada Mereka memiliki dinding sel yang berkembang dengan baik.
Nukleus Bukan nukleus sejati Protista memiliki nukleusnya sendiri, dibatasi oleh membran inti.
Cara makan Itu bisa autotrofik atau heterotrofik. Ini bisa bersifat holozoik atau parasit atau fotosintesis.
Kehadiran Flagella dan Cilia Tidak ada Ini digunakan untuk penggerak pada beberapa organisme, beberapa juga memiliki pseudopodia.
Reproduksi Aseksual dengan pembelahan biner atau tunas. Baik Aseksual (pembelahan biner atau pembelahan ganda) atau generatif.
Tempat Mereka kosmopolitan, yang berarti mereka ditemukan di mana-mana. Mereka ditemukan sebagian di lingkungan air, tanah lembab, tempat teduh, dll.
Klasifikasi Archaebacteria, bakteri, cyanobacteria. Diatom, Alga, jamur and protozoa.
Contoh Mycobacteria, Bacillus, Sporohalobacter, Clostridium, Halobacterium. Ganggang hijau, ganggang merah, jamur lendir, euglena, dan jamur air adalah contoh protista.

Diberikan di bawah ini adalah perbedaan utama yang perlu diperhatikan antara Monera dan Protista:

  1. Monera adalah organisme uniseluler yang memiliki struktur seluler prokariotik sementara Protista juga merupakan organisme uniseluler meskipun memiliki organisasi seluler eukariotik.
  2. Organel seluler tidak ada di Monera; sedangkan Protista telah didefinisikan dengan baik sebagai organel seluler yang dibatasi membran.
  3. Monera sederhana dalam struktur, tanpa kompleksitas di tingkat seluler, sementara Protista rumit dalam struktur di tingkat seluler.
  4. Monera mengandung mikroorganisme yang sangat kecil dan ditemukan di mana-mana sementara protista, organisme berukuran mikroskopis tetapi lebih besar dari monera.
  5. Mitokondria / Kloroplas tidak ada di Monera; sedangkan mitokondria hadir untuk respirasi seluler dan kloroplas untuk fotosintesis di Protista.
  6. Monera tidak memiliki nukleus sejati sedangkan Protista memiliki nukleus sendiri, terikat dengan membran inti.
  7. Cara nutrisi dapat bersifat autotrofik atau heterotrofik di Monera, sedangkan itu dapat bersifat holozoik atau parasit atau fotosintesis pada Protista.
  8. Flagella dan Cilia tidak ada di Monera; Ini digunakan untuk pergerakan di beberapa organisme, beberapa juga memiliki pseudopodia di Protista.
  9. Cara reproduksi aseksual dengan pembelahan biner atau tunas dan jika generatif melalui konjugasi, transformasi atau transduksi dalam monera; dan dalam Protista itu bisa melalui aseksual (pembelahan biner atau pembelahan ganda) atau geenratif.
  10. Monera adalah kosmopolitan, yang berarti mereka ditemukan di mana-mana, karena kemampuan mereka untuk bertahan hidup dalam kondisi yang keras juga; Protista organisme ditemukan di wilayah tanah yang lembab, dan di sebagian perairan.
  11. Monera diklasifikasikan sebagai Archaebacteria, Eubacteria, Cyanobacteria sedangkan Protista diklasifikasikan sebagai Diatom, ganggang unuseluler, jamur, dan Protozoa.
    Contoh monera adalah Mycobacteria, Bacillus, Sporohalobacter, Clostridium, Halobacterium sementara ganggang hijau, ganggang merah, jamur lendir, euglena, dan jamur air adalah contoh protista.

Kesimpulan

Dalam artikel yang disediakan kami membahas monera dan protista, yang termasuk di antara lima kingdom klasifikasi, di mana semua jenis kehidupan yang ada di bumi diklasifikasikan. Monera dikatakan sebagai bentuk kuno kehidupan yang hidup di bumi dan bahkan masih ada dengan murah hati di mana-mana.

Sementara protista dianggap sebagai leluhur eukariota, mereka adalah hewan uniseluler dan berbeda dari kategori tanaman, hewan dan jamur. Keduanya penting dari sudut pandang serta sudut pandang ekonomi dan biologis. Keduanya penting dari sudut pandang serta sudut pandang ekonomi dan biologis.

Loading...
Tabel 17 Perbedaan Antara Monera dan Protista

Monera adalah organisme uniseluler, mereka memiliki organisasi seluler prokariotik, yang berarti mereka tidak memiliki organel dan nukleus yang dibatasi me

Editor's Rating:
5