Tentang Dunia Vesikel Golgi

Apakah Anda sudah mengetahui mengenai apa itu vesikel golgi ? Apa saja yang ada di dalam dunia vesikel golgi ini ? Bagi Anda yang ingin menyelami dunia Biologi, banyak hal yang bisa Anda kupas mengenai vesikel golgi ini.

Pengertian dan Fungsi Vesikel Golgi

Vesikel golgi merupakan organel yang dikaitkan dengan fungsi dari ekskresi sel. Ekskresi sendiri merupakan proses pembuangan sisa metabolisme yang tidak diperlukan. Vesikel golgi merupakan satu kesatuan organ dengan badan golgi dan merupakan organel yang terdapat di hampir semua sel dan banyak dijumpai pada organ tubuh yang melakukan fungsi ekrkresi, semacam ginjal .

Struktur pembentuk badan golgi ini berupa kantung berbentuk cakram yang bercabang dan menjadi serangkaian pembuluh kecil diujungnya. Berhubung dengan fungsinya yang sangat erat dengan pengeluaran sel, maka badan golgi ini mirip seperti pembuluh yang mengumpulkan dan membungkus karbohidrat serta zat-zat lainnya untuk diangkut ke permukaan sel.

Pembuluh tersebut juga berperan sebagai donatur pembentukan dinding sel. Sedangkan pada bagian vesikel golgi yang terdapat pada badan golgi sendiri memiliki zat pembentuk, yaitu zat-zat ektsraseluler.

Badan golgi bertugas mengumpulkan, menyimpan, mengangkut, dan memproses molekul dari retikulum endoplasma, sehingga badan golgi terbentuk dari zat-zat yang ada pada vesikel golgi yang telah disebutkan tadi.

Vesikel yang berasal dari retikulum endoplasma kasar dan halus-lah yang menjadi pembentuk dari badan golgi ini. Vesikel golgi sangat penting bagi keberlangsungan proses dari badan golgi, karena vesikel yang diserap oleh badan golgi akan disempurnakan untuk keberlangsungan proses yang ada.

Oleh karena itu dengan adanya vesikel golgi ini, fungsi dari badan golgi akan terlaksana dengan sangat optimal. Badan golgi sendiri memiliki berbagai fungsi seperti diatas membentuk vesikula untuk melancarkan proses ekskresi, membentuk membran plasma dan dinding sel, menjadi tempat memodifikasi protein, sekaligus untuk menyortir molekul yang akan digunakan pada sekresi sel.

Sungguh banyak bukan fungsi dari vesikel golgi yang merupakan organ paling penting pada badan golgi ? Selain vesikel golgi masih banyak organ yang menyusun serta membantu keberlangsungan proses pada badan golgi.

Loading...

Artikel terkait lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *