8 Perbedaan antara tendon dan ligamen

Perbedaan utama antara tendon dan ligamen adalah bahwa tendon termasuk kedalam jaringan ikat yang menjadi titik koneksi otot ke tulang sedangkan ligamen adalah jaringan ikat yang menempelkan tulang dengan tulang. Manusia memiliki struktur yang berkembang dengan baik dan terorganisir dengan baik.

Ada 206 tulang di kerangka manusia. Tubuh kita memiliki jaringan ikat spesifik yang menghubungkan tulang-tulang ini. Tendon dan Ligamen keduanya adalah bentuk jaringan ikat ini yang hadir pada persendian. Baik tendon dan ligamen terdiri dari jaringan ikat fibrosa, tetapi ada sejumlah perbedaan yang ada di antara mereka.

Perbedaan antara tendon dan ligamen

Perbedaan antara tendon dan ligamen

Tendon adalah jaringan ikat berserat yang menempel otot ke tulang sedangkan ligamen adalah jaringan ikat berserat yang menempel tulang ke tulang di sendi. Tendon keras dan tidak elastis sementara ligamen kuat dan elastis. Tendon terdiri dari jaringan ikat putih berserat, sedangkan ligamen terdiri dari jaringan ikat berserat kuning. Dalam tendon, serat disusun dalam bundel paralel sedangkan ligamen memiliki serat kompak yang tidak memiliki bundel paralel.

Apa yang dimaksud dengan Tendon?

Tendon adalah bentuk jaringan ikat yang terdiri dari jaringan ikat putih fibrosa dan menempel otot ke tulang. Mereka menghubungkan ujung otot ke bagian tulang dan bertindak sebagai penghubung di antara mereka. Tendon memiliki bundel serat dan fibroblas tersusun paralel yang tersusun dalam baris kontinu dalam kerangka. Tendon membentuk struktur yang keras dan tidak elastis. Mereka menunjukkan sedikit fleksibilitas untuk membantu gerakan. Jatuh atau pelintir yang tiba-tiba dapat menyebabkan robekan atau regangan pada tendon yang dikenal sebagai strain. Ini menyebabkan ngilu dan rasa sakit dll pada persendian. Tendon juga dapat menghubungkan otot ke struktur lain seperti bola mata.

Contoh

Tendon Achilles adalah tendon terbesar dari tubuh yang menghubungkan otot betis ke tulang tumit.

Apa yang dimaksud dengan Ligamen?

Ligamen adalah bentuk jaringan ikat yang terdiri dari jaringan ikat fibrosa kuning dan menempelkan tulang ke tulang. Ini menghubungkan bagian ujung dua tulang pada sendi dan bertindak sebagai penghubung atau mediator di antara mereka. Dalam ligamen, serat tersusun rapi dalam bundel dan tidak menunjukkan organisasi paralel. Fibroblas tersebar di ligamen.

Ligamen membentuk struktur yang kuat dan elastis. Mereka membentuk struktur yang lebih fleksibel untuk membantu gerakan. Cidera pada ligamen karena jatuh atau puntir, dll dikenal sebagai keseleo. Ini juga menyebabkan ngilu dan nyeri dll pada persendian. Ligamen diklasifikasikan menjadi; ligamen sisa janin, ligamen peritoneum, dan ligamen artikular. Ligamen sisa janin adalah ligamen yang ada pada janin. Ligamen peritoneum adalah jaringan ikat yang membentuk lapisan rongga perut. Ligamen artikular menghubungkan satu tulang ke tulang lainnya.

Contoh

Ligamentum cruciate anterior (ACL) adalah ligamen yang menempel tulang paha ke tulang kering dan menstabilkan titik lutut.

Perbandingan antara tendon dan ligamen

Basis Tendon Ligamen
definisi Tendon adalah bentuk jaringan ikat yang menghubungkan otot ke tulang Ligamen adalah bentuk jaringan ikat yang menghubungkan tulang ke tulang.
Jenis jaringan ikat Itu terdiri dari jaringan ikat fibrosa. Ini juga terdiri dari jaringan ikat fibrosa.
Komposisi Ini terdiri dari jaringan ikat fibrosa putih. Ini terdiri dari jaringan ikat fibrosa kuning.
Pengaturan serat Serat disusun dalam bundel paralel dalam tendon. Serat disusun secara kompak dalam bundel dan tidak paralel.
Fibroblast Fibroblas terletak pada baris kontinu pada tendon. Fibroblas tersebar di ligamen.
Sifat Tendon sifatnya keras dan tidak elastis. Ligamen kuat dan elastis.
Cedera Robekan atau regangan pada tendon dikenal sebagai strain. Robekan atau regangan pada ligamen dikenal sebagai keseleo.
Klasifikasi Tendon tidak diklasifikasikan lebih lanjut. Ligamen selanjutnya diklasifikasikan menjadi ligamen sisa janin, ligamen peritoneum, dan ligamen artikular.

Perbedaan utama

  1. Tendon adalah bentuk jaringan ikat berserat yang menghubungkan otot ke tulang, sedangkan ligamen adalah bentuk jaringan ikat berserat yang menghubungkan tulang dengan tulang.
  2. Tendon terdiri dari jaringan ikat fibrosa putih sedangkan ligamen terdiri dari jaringan ikat fibrosa kuning.
  3. Serat disusun dalam bundel paralel dalam tendon, tetapi ligamen memiliki bundel serat yang tersusun rapi.
  4. Fibroblas terletak pada baris kontinu pada tendon saat mereka tersebar di ligamen.
  5. Tendon bersifat keras dan tidak elastis, tetapi ligamen kuat dan tidak elastis.
  6. Tendon pada dasarnya kurang fleksibel sementara ligamen lebih fleksibel.
  7. Cedera pada tendon dikenal sebagai strain sementara cedera pada ligamen dikenal sebagai keseleo.
  8. Tendon tidak dibagi menjadi tipe apa pun sementara ligamen selanjutnya dibagi menjadi ligamen sisa janin, ligamen peritoneum, dan ligamen artikular.
  9. Tendon juga dapat menghubungkan otot-otot ke struktur seperti bola mata sementara ligamen juga dapat menempelkan tulang ke tulang lain.
Loading...