Apa Ciri Khas Benua Afrika

Apa Ciri Khas Benua Afrika: Benua Afrika memiliki karakteristik yang berbeda dengan benua lainnya. Ciri ciri karakteristik Benua Afrika yaitu sebagai berikut: Afrika merupakan benua terluas ketiga setelah Asia dan Amerika, dengan luas kira kira seperlima dari luas daratan di muka bumi..Karakteristik Benua Afrika. Benua Afrika memiliki ciri ciri dan karakteristik tertentu yang unik dan khas. Karakteristik benua Afrika ini meliputi berbagai aspek, misalnya seperti letak, posisi, batas wilayah, keadaan alam, luas wilayah, jumlah penduduk, sejarah, iklim dan cuaca serta kemajuan ekonomi negara negara di benua Afrika. Wilayah Benua Afrika dilalui oleh tiga garis lintang utama, yaitu garis khatulistiwa , garis balik Utara LU , dan garis balik Selatan LS .

Ciri Khas Benua Afrika

  • sebagian besar penduduknya berkulit hitam
  • terdapat sungai terpanjang di dunia yaitu sungai nil
  • terdapat gunung api tertinggi di dunia yaitu gunung kilimanjaro di tanzania
  • terdapat gurun terluas di dunia yaitu gurun sahara
  • terdapat salah satu keajaiban dunia yaitu pyramida dan spinx di mesir

Letak Geografis benua Afrika

Afrika adalah yang terbesar dari ketiga benua di belahan selatan Bumi dan yang terbesar kedua setelah Asia dari semua benua. Luasnya kurang lebih 30,244,050 km2 (11,677,240 mil2) termasuk kepulauan disekitarnya, meliputi 20.3% dari total daratan di bumi dan didiami lebih dari 800 juta manusia, atau sekitar sepertujuh populasi manusia di bumi.

Dipisahkan dari Eropa oleh Laut Tengah, Afrika menyatu dengan Asia di ujung timur lautnya melalui Terusan Suez yang memiliki lebar 130 km. Semenanjung Sinai yang dimiliki oleh Mesir sering dianggap secara geopolitis sebagai bagian dari Afrika. Dari ujung paling utara, Cape Spartel di Maroko, di 37°21′ lintang Utara, ke ujung paling selatan, Cape Agulhas di Afrika Selatan, 34°51′15″ lintang Selatan, terbentang jarak sekitar 8000 km; dari ujung paling barat, Cape Verde, 17°33′22″ bujur Barat, sampai ujung paling timur, Ras Hafun di Somalia, 51°27′52″ bujur Timur, jaraknya sekitar 7.400 km. Panjang garis pantainya 26.000 km (sebagai perbandingan, Eropa, yang memiliki luas 9.700.000 km² memiliki garis pantai 32.000 km.

 

Loading...