Apa itu Rangefinder?

Pengintai adalah segala sesuatu yang dapat memberikan jarak antara pengguna dan titik tertentu yang terlihat. Pengintai dapat menggunakan teknologi seperti sonar atau laser, atau dapat menggunakan matematika dasar untuk menentukan jarak berdasarkan objek di bidang pandang.

Radar paling sering digunakan untuk mencari jarak ke benda terbang atau kapal.

Laser rangefinder mungkin adalah bentuk yang paling populer dari pengintai yang tersedia saat ini. Pengukur jarak laser yang juga sering disebut sebagai LIDAR , atau Li GHT D etection A nd R Anging. Pengukur jarak laser bekerja dengan prinsip yang mirip dengan sonar, dengan mengirimkan sinar laser sempit ke target dan mengukur waktu yang dibutuhkan sinar untuk memantul kembali.

Tetesan air di awan dan curah hujan mencerminkan gelombang elektromagnetik.

Bahkan dengan sinar yang rapat, laser akan cenderung menyebar jika disinari dalam jarak yang jauh. Hal ini dapat menyebabkan ketidakakuratan dalam jarak yang diberikan oleh pengintai, karena bagian dari sinar memantul dari objek yang tidak berada dalam jangkauan dan memantul kembali lebih awal. Pengintai laser berkualitas lebih tinggi akan dapat memperhitungkan beberapa target dan memberikan semua pengukuran dalam grafik sehingga seseorang dapat menentukan jarak ke target sebenarnya.

Baik radar dan sonar dapat beroperasi sebagai pengintai dengan cara yang mirip dengan LIDAR. Dengan radar, gelombang radio dikirim sebagai pengganti sinar laser, dan saat mengenai objek, gelombang radio akan dipantulkan kembali ke pemancar. Waktu antara emisi dan penerimaan dapat diukur, dan jarak ditentukan. Sonar menggunakan prinsip yang sama, tetapi menggunakan semburan suara, yang disebut sebagai ping, untuk menemukan objek dan menemukan jaraknya. Radar paling sering digunakan untuk mencari jarak ke objek terbang atau kapal, sedangkan sonar biasanya digunakan untuk mencari jarak ke objek bawah air. Sonar juga dapat digunakan sebagai jenis pengintai khusus yang dikenal sebagai pencari kedalaman, menggunakan suara gema untuk memetakan jarak ke dasar laut.

Berbagai jenis pengukur jarak memiliki aplikasi yang berbeda, sering kali ditentukan oleh jenis bahan yang diukur. Meskipun radar sangat baik dalam menentukan jangkauan ke objek logam, seperti pesawat terbang , radar ini kurang efektif dengan batuan dan bahan organik, yang mungkin tidak memantulkan gelombang radio sama sekali, dan oleh karena itu tidak memberikan sinyal yang terlihat. Pengukur jarak laser, sebaliknya, mampu mengukur jarak ke jangkauan objek yang jauh lebih luas. Bahan organik, batuan, dan fenomena meteorologi semuanya memiliki jejak reflektif yang cukup besar untuk terlihat jelas menggunakan pengintai laser. Namun, beberapa permukaan secara alami menyerap laser, dan berbagai militer telah mengembangkan cat penyerap laser khusus untuk melapisi kendaraan, membuatnya secara efektif tidak terlihat oleh pengintai laser.

Sebuah pengintai dapat digunakan untuk sejumlah kegunaan selain hanya menghitung jarak ke suatu objek. Ini mungkin termasuk pemetaan bumi dan dasar laut tanpa gangguan tutupan hutan atau gangguan lainnya, memeriksa interior awan dan menghitung probabilitas hujan dan peristiwa meteorologi lainnya, dan membedakan kepadatan pohon dan vegetasi di suatu daerah.

Updated: 11/05/2024 — 19:04