Apa Itu Suntikan Progesteron?

Progesteron membantu perkembangan janin selama kehamilan.

Progesteron adalah hormon yang secara alami ada pada wanita, tetapi beberapa wanita tidak membuatnya dalam jumlah yang cukup, sehingga membutuhkan suntikan progesteron. Suntikan ini dianggap bermanfaat bagi wanita tidak subur dan mereka yang berada di trimester pertama kehamilan, karena kadar progesteron yang rendah dapat menyulitkan untuk mencapai kehamilan yang sehat. Meningkatkan kadar progesteron juga berguna selama akhir kehamilan untuk mencegah persalinan prematur. Progesteron ekstra juga terkadang ditawarkan kepada wanita yang mengalami perdarahan uterus abnormal, karena suntikan hormon ini dapat menghentikan masalah tersebut. Suntikan progesteron biasanya memerlukan injeksi intramuskular di area bokong, sehingga banyak dokter menyarankan pasien untuk membantu memberikan suntikan jika tidak diberikan oleh dokter.

Suntikan progesteron dapat diresepkan jika kadar wanita tidak naik dengan sendirinya selama siklus menstruasi.

Wanita yang berjuang dengan infertilitas sering membutuhkan suntikan progesteron selama fase luteal, tepat setelah mereka berovulasi. Dorongan progesteron dapat memastikan bahwa lapisan rahim mereka cukup tebal untuk mendukung implantasi embrio . Sementara kadar progesteron sering ditingkatkan dengan suntikan setelah fertilisasi in-vitro ( IVF ), mereka juga dapat ditingkatkan dengan metode ini ketika embrio dikandung secara alami. Selama ada kecurigaan bahwa seorang wanita tidak menghasilkan cukup progesteron untuk hamil tanpa bantuan, dia dapat diberikan suntikan progesteron.

Suntikan progesteron dapat ditawarkan kepada wanita yang tidak hamil tetapi mengalami perdarahan abnormal.

Mempertahankan lapisan rahim cukup lama untuk ditanamkan embrio juga penting selama awal kehamilan. Beberapa wanita tidak menyadari kadar progesteron mereka yang rendah sampai mereka hamil dan mulai memperhatikan tanda-tanda keguguran yang akan datang, seperti pendarahan vagina. Ini mungkin merupakan tanda bahwa lapisan rahim sedang meluruh, yang pada akhirnya akan mengeluarkan embrio, sehingga suntikan progesteron sering diberikan dalam upaya untuk menjaga lapisan tetap tebal dan pada tempatnya. Jenis suntikan ini juga sering berguna pada akhir kehamilan, ketika dapat menghentikan persalinan prematur.

Nyeri payudara adalah efek samping dari suntikan progesteron.

Selain itu, suntikan progesteron dapat ditawarkan kepada wanita yang tidak hamil tetapi mengalami perdarahan abnormal. Misalnya, wanita yang menderita amenore, atau tidak adanya menstruasi, mungkin memerlukan suntikan progesteron untuk mulai menstruasi lagi. Wanita dengan perdarahan vagina yang berlebihan juga dapat mengambil manfaat dari suntikan progesteron, yang dapat membantu meluruskan ketidakseimbangan hormon. Perlu dicatat bahwa meskipun progesteron sering diresepkan untuk menghilangkan perdarahan abnormal dan amenore, itu juga dapat menyebabkan masalah ini pada pasien yang sebelumnya tidak mengalaminya. Efek samping lain dari suntikan progesteron termasuk nyeri payudara, perubahan berat badan dan mual.