Apa itu Whistleblower?

Salah satu kasus whistleblower yang paling menonjol melibatkan Enron, sebuah perusahaan yang menyebabkan jutaan orang kehilangan uang dalam penipuan pembiayaan mereka.

Whistleblower adalah orang yang bekerja dalam organisasi yang melaporkan pelanggaran.Dia mungkin adalah karyawan saat ini atau di masa lalu, dan kesalahan tersebut mungkin sedang berlangsung pada saat laporan atau mungkin telah terjadi di masa lalu.Dalam kebanyakan kasus, pelanggaran yang dilaporkan oleh pelapor melanggar hukum dan mengancam publik dengan satu atau lain cara, meskipun segala bentuk pelanggaran dapat dilaporkan.

Undang-undang pelapor bertujuan untuk melindungi pekerja agar tidak dipecat sebagai pembalasan karena melaporkan pelanggaran di dalam perusahaan atau kantor pemerintah.

Ada dua jenis whistleblower: internal dan eksternal.Pelapor internal melaporkan pelanggaran tersebut kepada orang lain yang bekerja di tempat usaha, seperti karyawan lain atau atasan.Namun, pelapor eksternal melaporkan pelanggaran tersebut ke lembaga luar, seperti media, pengacara,penegak hukum, atau lembaga perlindungan khusus.

Seorang pelapor dapat membagikan informasi rahasia tentang perusahaan jika mereka merasa tindakan tersebut tidak dapat diterima secara moral.

Di banyak negara, pelapor dilindungi oleh hukum.Inggris Raya, misalnya, mengesahkan Undang-Undang Pengungkapan Kepentingan Publik pada tahun 1998. Tindakan ini melindungi karyawan dari pemecatan saat melaporkan malpraktik atau bentuk pelanggaran lainnya.Amerika Serikat juga memiliki undang-undang untuk melindungi pelapor, meskipun perlindungan khusus tergantung pada negara bagian di mana laporan tersebut dilakukan serta jenis pelanggaran yang dilaporkan.

Meskipun ada langkah-langkah perlindungan untuk melindungi pelapor, melaporkan pelanggaran majikan bisa sangat menegangkan.Orang tersebut tidak hanya merasa khawatir tentang pekerjaan di masa depan, tetapi dia juga mungkin dikucilkan oleh orang lain yang memandang tidak baik orang yang melaporkan pelanggaran tersebut.Selain itu, mungkin saja seseorang yang melakukan pelapor menghadapi tuntutan hukum jika majikan mengambil tindakan terhadapnya karena terlibat dalam pelanggaran tersebut.

Ada banyak kasus whistleblower terkenal di Amerika Serikat.Salah satu yang paling menonjol terlibatEnron, sebuahperusahaanyang menyebabkan jutaan orang kehilangan uang dalam penipuan pembiayaan mereka.Kasus terkenal lainnya adalah kasus Joseph Darby, seorang perwira polisi militer yang melaporkan penganiayaan tahanan di Abu Ghraib, Irak.

Updated: 08/05/2024 — 15:05