Apa perbedaan Spermatogenesis dan oogenesis

Spermatogenesis dan oogenesis adalah dua jenis divisi reproduksi yang ditemukan pada reproduksi seksual hewan. Pembelahan reproduksi, juga disebut gametogenesis, terjadi pada sel germinal di gonad oleh meiosis. Itu terlibat dalam produksi gamet. Sel kuman Diploid menghasilkan gamet haploid.

Dua jenis gamet yang berbeda ditemukan: gamet jantan dan gamet betina. Gamet jantan dikenal sebagai sperma dan gamet betina dikenal sebagai telur. Satu sperma digabungkan dengan telur untuk membentuk zigot diploid, yang kemudian dibagi dan dibedakan menjadi organisme baru. Perbedaan utama antara spermatogenesis dan oogenesis adalah spermatogenesis adalah proses produksi sperma dari sel germinal laki-laki dan spermatogonia pada laki-laki sedangkan oogenesis adalah produksi telur dari sel germinal perempuan oogonia pada wanita.

Apa yang dimaksud dengan Spermatogenesis?

Spermatogenesis adalah proses gametogenesis pada pria dengan cara pembelahan meiosis dan mitosis. Spermatogenesis pada sperma biasa terjadi di tubuli smeniferus/testis. Sedangkan tempat menyimpan sperma sementara, terletak di vas deferens.

Spermatogenesis berasal dari kata sperma dan genesis (pembelahan). Pada spermatogenesis terjadi pembelahan secara mitosis dan meiosis. Spermatogenesis merupakan tahap atau fase-fase pendewasaan sperma di epididimis. Setiap satu spermatogonium akan menghasilkan empat sperma matang.

Apa yang dimaksud dengan oogenesis?

Oogenesis adalah penciptaan ovum (sel telur) merupakan proses dari bentuk betina gametogenesis yang setara dengan jantan yakni spermatogenesis. Oogenesis berlangsung melibatkan pengembangan berbagai tahap reproduksi telur sel betina yang belum matang.

Loading...