Apa start yang digunakan pada lari jarak menengah

Lari jarak menengah adalah salah satu jenis olahraga diklasifikasikan berdasarkan jarak jalan yang harus diambil. Dalam kategori ini, ada tiga jenis lomba, sprint, menengah, dan jauh. Sprint memiliki panjang lari dari 100 meter, 200 meter ke 400 meter. Sementara itu, jarak menengah menjalankan jarak 800 m, 1500 m, hingga 3.000 meter. Sementara jarak jauh berjalan jarak 5.000 meter, 10.000 meter, sampai dengan 42,195 meter atau maraton.

Setiap jenis run awalan masing-masing. Pada kesempatan ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan bagaimana awalan atau start yang digunakan pada ras jarak menengah.

Mulai yang digunakan untuk menjalankan 800 m jarak menengah adalah awal jongkok, sedangkan untuk jarak 1500 m menggunakan start berdiri. Pada lari 800 m masing-masing pelari berjalan di jalur sendiri, setelah melewati tikungan pertama sebelum pelari diizinkan masuk ke lagu pertama. Hal yang catatan pada lari jarak menengah adalah penyesuaian antara kecepatan dan kekuatan / stamina dari masing-masing pelari.

Gerak menengah lari (800 m sampai 1.500 m) dan sedikit berbeda dari sprint gerak. Terletak pada bagaimana langkah kaki. lari jarak menengah, kaki pada bola hell-ball, adalah menapakkan di tumit kaki dan menolak hingga ujung kaki. Mulai dilakukan dengan berdiri.

Penguasaan kecepatan berjalan (pace) dan kondisi fisik serta daya daya tahan tubuh yang baik. Dalam jarak menengah gerakan ras menjalankan harus dilakukan tepat, kaki mengayun ke depan santai, panjang tidak langkahnya terlalu dipaksakan masuk kecuali menjelang garis finish.

Yang perlu diperhatikan dalam lari jarak menengah:

  • Body harus selalu rileks atau santai.
  • Lengan diayun dan tidak terlalu tinggi seperti pada berlari
  • tubuh miring ke depan tentang 15ยบ dari garis vertikal.
  • Panjang dan lebar langkah tetap tekanan pada paha depan ayunan, panjang langkah harus sesuai dengan panjang kaki. Angkat lutut cukup tinggi (tidak setinggi berlari jarak pendek).

Teknik Start Berdiri untuk Lari Jarak Menengah adalah :

  1. Aba-aba “bersedia” Dengan sikap tenang tapi meyakinkan bergerak maju, berdiri tegak di belakang garis start.
  2. Aba-aba “siap” Mengambil sikap kiridi kaki depan dan belakang kaki kanan, menginjak garis mulai, tubuh condong ke depan.
  3. Aba-aba “ya” Mulai berjalan pada kecepatan maksimum tetapi tidak cukup setengah atau tiga perempat dari kecepatan maksimal.

Teknik Gerakan lari Jarak Menengah

  • Posisi kepala dan tubuh tidak terlalu bias, postur seperti sikap orang-orang yang berjalan.
  • Sudut lengan antara 100 -110 derajat.
  • mendarat di tumit dan menolak untuk kaki.
  • Ayunan kedua lengan untuk mengimbangi gerakan kaki.
  • Swinging kedepan lutut tidak setinggi pinggul.
  • Pada saat bergerak tungkai bawah dari belakang ke depan tidak terlalu tinggi
Loading...