Apa sungai terpanjang di singapura

Sungai terpanjang di Singapura yaitu sungai Kallang, dan hanya berukuran panjang 10 km saja. Sungei Kallang mengalir dari Bendungan Lower Peirce, dibagian tengah negara ini, menuju ke pantai selatan pulau Singapura. Sungai ini bermuara di dempatan yang terletak di bawah di jalan raya Nicoll Highway.  Pada tahun 1960 dan 1970, kanal dan drainase beton dibangun untuk menghindari banjir besar yang melanda, termasuk dinding sungai Kallang disepanjang Bishan park.

Sungai Singapura adalah sebuah sungai kecil yang mempunyai nilai historis yang tinggi karena merupakan awal mula peradaban di Singapura.Sungai ini mengalir sepanjang kawasan tengah Singapura di daerah selatan Singapura sebelum bermuara ke laut. Karena nilai historisnya sangat tinggi, sungai ini menjadi salah satu sungai terkenal di Singapura.

Nama Kallang berasal dari bahasa Melayu lama, yaitu orang laut yang disebut orang biduanda kallang. Mereka tinggal di tepian Sungai Kallang dan Sungai Singapura. Saat Raffles tiba di Singapura tahun 1819, ada 500 orang biduanda kallang. Pada tahun 1848, orang biduanda kallang punah karena terjangkit penyakit Variola.

Sebelumnya, muara sungai secara tradisional di berada di muara yang disebut Cekungan Kallang. Namun pada tahun 1970an pemerintah Singapura melakukan reklamasi pantai di sekitar wilayah tersebut sehingga sungai Kallang tersebut mengalir ke laut terbuka melalui saluran air dari Cekungan Kallang yang dsiebut dengan Marina Channel, yang terletak di antara Marina Center dan Marina East.

 

Loading...