Apa yang dimaksud aspek trigatra dan pancagatra dalam wawasan nusantara

Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara. Konsepsi wawasan nusantara merupakan suatu konsep di dalam cara pandang dan pengaturan yang mencakup segenap kehidupan bangsa yang dinamakan astagatra, yang meliputi aspek alamiah (trigatra) dan aspek sosial (pancagatra). Trigatra meliputi posisi dan lokasi geografis negara, keadaan dan kekayaan alam, dan keadaan dan kemampuan penduduk.

Aspek Trigatra

aspek Trigatra dari tiga aspek yang melekat dalam suatu negara. Aspek Trigatra adalah aspek alami yang dimiliki oleh suatu negara. Ada tiga aspek:

Letak geografis

Tentunya jika ada sebuah negara, negara tentu adalah sarana objektif yang ada pertanyaan nyata. Jika negara itu nyata, maka tentu memiliki lokasi geografis. Lokasi geografis adalah lokasi yang didasarkan pada keadaan dan posisi yang sebenarnya dari bumi. Lokasi geografis dari hadiah untuk negara

Penduduk

Populasi adalah aspek alami yang dimiliki oleh suatu negara. Alasannya, negara harus memiliki penduduk. Tak satu pun dari negara-negara yang tidak memiliki populasi dunia. Hal ini karena populasi adalah elemen dari nenek moyang pendiri negara kita.

Kekayaan alam

kekayaan alam adalah aspek alami dari karunia Allah ke negara. kekayaan alam ini harus ditangani dengan seoptimal mungkin oleh negara.

Aspek Pancagatra

Aspek Pancagatra lima aspek yang dapat dilihat dari bentuk negara sosial. Aspek Pancagatra sana setelah aspek Trigatra dan negara terbentuk. Ada lima, yaitu

ideologi

Sebuah negara harus memiliki nama ideologi. Ingin ideologi komunis, ideologi liberalisme, sosialisme, dan lain-lain, negara harus memiliki pandangan sendiri, yang disebut ideologi. Untuk Indonesia, ideologinya adalah Pancasila

Politik

Politik adalah ilmu untuk mengembangkan negara. Politik termasuk dalam ilmu pemerintahan untuk jabatan penguasa. Politik dapat dibentuk segera setelah pembentukan pemerintah.

Ekonomi

Ekonomi berkaitan dengan kondisi atau keadaan kemampuan keuangan. ekonomi suatu negara dapat diperoleh dengan aspek pengolahan sumber daya alam dan bekerja sama dengan negara-negara lain. Hasilnya adalah valuta asing termasuk dalam perbaikan ekonomi.

Sosial Budaya

sosial budaya muncul setelah aspek demografi mereka. aspek sosial budaya yang timbul dari interaksi sehari-hari masyarakat di lingkungan negara. interaksi berulang akan membentuk suatu budaya. Budaya ini yang akan mengatur dan menentukan dan memberikan identitas suatu komunitas.

pertahanan Keamanan

Pertahanan dan keamanan merupakan aspek yang berfungsi untuk melindungi negara. Aspek ini muncul segera setelah munculnya semua aspek di atas. Hal ini karena masyarakat ingin keamanan yang datang aspek ini.

 

Loading...