Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Tegangan Permukaan

Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Tegangan Permukaan: Pernahkan anda mengamati titik titik embun yang terdapat pada permukaan daun atau rumput? Mengapa titik titik itu berbentuk bola? Atau pernahkan anda melihat pisau silet suatu waktu dapat mengapung di atas air?.Dengan adanya tegangan permukaan, nyamuk dapat mengapung di atas permukaan air, karena berat nyamuk dapat ditahan oleh kulit tipis yang menyelimuti permukaan air. Seperti itu juga yang terjadi pada pisau silet yang dapat terapung pada permukaan air. Penyebab terjadinya Tegangan permukaan karena adanya kohesi di bawah zat cair yang lebih besar .

Pengertian tegangan permukaan adalah gaya persatuan panjang yang harus dikerjakan sejajar permukaan untuk mengimbangi gaya tarikan kedalam pada cairan. Hal tersebut terjadi karena pada permukaan, gaya adhesi antara cairan dan udara lebih kecil dari pada gaya khohesi antara molekul cairan sehingga menyebabkan terjadinya gaya kedalam pada permukaan cairan..Gelembung sabun berbentuk bola disebabkan oleh suatu gaya tarik menarik yang disebut tegangan permukaan. Tegangan permukaan zat cair merupakan kecenderungan permukaan zat cair untuk menegang, sehingga permukaannya seperti ditutupi oleh suatu lapisan elastis”

Tegangan permukaan adalah gaya persatuan panjang yang di kerjakan sejajar permukaan untuk mengimbangi gaya tarikan kedalam pada cairan,hal tersebut karena gaya adhesi lebih kecil dari gaya kohesi antara molekul cairan sehingga menyebabkan terjadinya gaya kedalam pada permukaan cairan.

Penyebab terjadinya Tegangan permukaan karenaadanya kohesi di bawah zat cair yang lebih besar dari pada kohesi dipermukaan zat cair, sehingga permukaan air akan cendrung mengerut dan membentuk luas permukaan sekecil mungkin.

Besarnya tegangan permukaan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tekanan, kerapatan jenis cairan, suhu, konsentrasi zat terlarut dan massa jenis. Hal hal inilah yang menjadi dasar dalam perhitungan besar suatu tegangan permukaan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian tegangan permukaan lengkap dengan rumus tegangan permukaan.

Tegangan permukaan terjadi karena permukaan zat cair cenderung untuk menegang sehingga permukaannya tampak seperti selaput tipis. Hal ini dipengaruhi oleh adanya gaya kohesi antara molekul air.

Loading...