Apa Yang Dimaksud Dengan Pembuahan Pada Tumbuhan

Pengertian Pembuahan pada tumbuhan ialah proses meleburnya menyatunya inti sperma sel kelamin jantan dan ovum sel kelamin betina yang terjadi pada dasar putik untuk membentuk embrio tumbuhan. Proses pembuahan akan diawali terlebih dulu dengan proses penyerbukan, yakni jatuhnya serbuk sari pada kepala putik..Apa yang dimaksud dengan penyerbukan dan pembuahan? .Pada manusia. Fertilisasi atau disebut juga pembuahan, konsepsi, singami adalah peleburan dua gamet yang dapat berupa nukleus atau sel sel bernukleus untuk membentuk sel tunggal zigot atau peleburan nukleus. Biasanya melibatkan penggabungan sitoplasma plasmogami dan penyatuan bahan nukleus kariogami ..

Pembuahan Ganda.

Proses yang disebut pembuahan ganda terjadi pada tanaman berbunga angiospermae . Selama pembuahan ganda, satu sperma membuahi sel telur, yang terletak di bagian bawah gametofit betina, membentuk zigot diploid. Gametofit betina juga disebut kantung embrio. Sel sperma lainnya menyatu dengan sel pusat..

Proses fertilisasi atau pembuahan pada tumbuhan

Setelah terjadi penyerbukan pada bunga, maka serbuk sari di kepala putik akan membentuk saluran-saluran menuju ke bakal biji yang disebut buluh serbuk atau buluh sari. Pada saat itu, inti vegetatif berjalan di muka dan diikuti inti generatif. Fungsi dari inti generatif adalah mengatur pertumbuhan buluh serbuk sari menuju ke ruang bakal biji.

Inti generatif dibagi 2, yaitu:

  • Inti generarif 1, untuk membuahi inti sel telur dan membentuk zigot.
  • Inti generarif 2, untuk membuahi inti kandung lembaga sekunder dam membentuk endosperm atau putik lembaga.

Menjelang mencapai bakal buah, inti generatif membela menjadi 2. Setelah sampai di pintu bakal biji, inti vegetatif melebur, kemudian inti sperma masuk ke dalam bakal biji melalui mikrofil.

Fertilisasi pada tumbuhan biji terbuka (gymnospermae)

Pada tumbuhan, inti spermatozoid yang dihasilkan oleh serbuk sari akan membuahi sel telur sehingga dihasilkan  zigot saja sehingga akan disebut pembuahan tunggal.

Fertilisasi pada tumbuhan biji tertutup (angiospermae)

Di dalam bakal biji ada 2 buah inti, yaitu inti sel telur dan inti kandung kenbaga sekunder. Inti sperma 1 membuahi sel telur dan menghasilkan zigot yang akan tumbuh menjadi keping lembaga, sedangkan inti sperma 2 akan membuahi inti kandung lembaga sekunder dan menghasilkan putik lembaga. Jadi pada bakal biji terjadi 2 kali pembuahan sehingga disebut pembuahan ganda.

Loading...